KPU Sulsel Buka Tahap Perbaikan Syarat Dukungan Calon DPD RI

  • Bagikan
RAPAT PLENO. KPU Provinsi Sulsel menggelar pleno rekapitulasi hasil verifikasi administrasi terhadap 34 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Hotel Claro Makassar, (15/1/2023). (Yadi/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pleno rekapitulasi hasil verifikasi administrasi terhadap 34 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Hotel Claro Makassar, (15/1/2023).

Ketua KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan, hasil verifikasi administrasi tersebut akan dilanjutkan ke tahap perbaikan terkait syarat dukungan di tingkat Kabupaten/Kota se-Sulsel.

"Perbaikan tersebut diantaranya syarat dukungan ganda. Setelah masa perbaikan, akan dilanjutkan pada verifikasi faktual. Tentu dari proses ini masih ada waktu untuk perbaikan. Para calon diberi kesempatan untuk memperbaiki bila masih kurang dari jumlah dukungan minimal," ungkapnya.

"Ssetiap bakal calon anggota DPD RI diwajibkan memenuhi syarat dukungan 3.000 fotocopy KTP yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota," sambung Faisal

Aplikasi Silon Bermasalah

Masalah aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bakal anggota DPD RI menjadi kendala ketika Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulsel melakukan pengawasan verifikasi administrasi (Vermin) oleh KPU terkait syarat dukungan bakal calon.

Di mana, aplikasi Silon KPU tersebut sempat maintenance secara nasional dan berdampak ke daerah.

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi mengatakan, menyikapi masalah di atas, pihaknya mengeluarkan surat kepada KPU. Langkah tersebut sifatnya semacam pemberitahuan perbaikan.

"Ketika ada maintenance kan, itu secara nasional terjadi. Bawaslu mengeluarkan surat perbaikan. Meskipun kita tahu bahwa itu masalahnya di tingkat nasional, tapi menyampaikan bahwa di daerah ini terjadi hal yang sama," kata Laode.

Namun, kata dia, selama proses pengawasan verifikasi administrasi bakal calon anggota DPD RI di daerah pemilihan Sulawesi Selatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota berjalan lancar.

"Sehingga Kabupaten/Kota itu dilakukan pencocokan hasil Vermin yang dilakukan KPU dengan hasil pengawasan," urainya.

Diketahui, hingga jelang magrib, masih berlangsung pembahasan di mana setiap KPU Kabupaten/kota menyampaikan sebaran dukungan KTP masing-masing calon DPD kepada peserta forum. (suryadi/b)

  • Bagikan