Warga Palestina Mengatakan Pasukan Israel Membunuh Seorang Pria di Tepi Barat

  • Bagikan
Para pelayat Palestina membawa jenazah Ahmad Kahla, 45, saat pemakamannya di desa Rammun, Tepi Barat, 15 Januari 2023. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pasukan Israel telah menembak dan membunuh pria Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

JERUSALEM, RAKYATSULSEL.ID — Pasukan Israel menembak dan membunuh seorang pria Palestina pada hari Minggu di Tepi Barat yang diduduki setelah perjuangan di sebuah pos pemeriksaan militer, kata Kementerian Kesehatan Palestina, kematian terbaru dalam spiral kekerasan selama berbulan-bulan antara Israel dan Palestina.

Keadaan penembakan itu diperdebatkan. Tentara Israel mengklaim pria itu mencoba mengambil senjata tentara, sementara saksi dan kerabat mengatakan dia ditembak saat mencoba membela diri selama pemeriksaan yang berubah menjadi kekerasan.

Militer Israel mengatakan tentara melihat apa yang mereka anggap sebagai kendaraan mencurigakan yang menolak untuk berhenti untuk "pemeriksaan rutin" di dekat kota Silwad di Tepi Barat. Bentrokan pecah ketika tentara berusaha menahan salah satu orang di dalam kendaraan, dan tentara melepaskan tembakan ketika seorang penumpang mencoba merebut senjata tentara.

Maher Shafiq, seorang saksi, mengatakan kekerasan meletus setelah pengendara mulai membunyikan klakson karena penundaan yang lama dalam mengizinkan mobil untuk melewati pos pemeriksaan. Dia mengatakan tentara menembakkan granat kejut yang mengenai mobil pria itu, mendorongnya untuk meneriaki mereka.

Dia mengatakan tentara mulai memukuli pria itu dan menyeretnya keluar dari mobil. “Dia berusaha membela diri, jadi salah satu tentara menembaknya dengan darah dingin,” kata Shafiq.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti sebuah pertengkaran, antara seorang pria yang saling berdesak-desakan dengan seorang tentara, hingga terdengar dua suara tembakan sebelum dia terjatuh ke tanah.

Kementerian Kesehatan Palestina telah mengidentifikasi pria yang tewas itu sebagai Ahmad Kahla, 45.

Kelompok HAM menuduh Israel menggunakan kekerasan yang berlebihan terhadap warga Palestina. Pihak militer mengatakan sedang menghadapi situasi yang kompleks dan dapat mengancam nyawa.

Ketegangan telah melonjak selama berbulan-bulan di wilayah pendudukan, di mana militer Israel telah melakukan penggerebekan dan penangkapan setiap malam sejak musim semi lalu. Penggerebekan itu dipicu oleh gelombang serangan Palestina terhadap Israel yang menewaskan 19 orang, sementara 10 orang Israel lainnya tewas dalam serangan kedua akhir tahun lalu.

Hampir 150 warga Palestina tewas oleh tembakan Israel di Tepi Barat dan Yerusalem timur pada 2022, menurut data kelompok HAM Israel B'Tselem, menjadikannya tahun paling mematikan sejak 2004. Sejak awal tahun ini, 13 warga Palestina telah tewas, menurut penghitungan dari Pers Asosiasi.

Israel mengatakan sebagian besar yang tewas adalah militan. Tapi pelempar batu Palestina, pemuda yang memprotes penyerangan dan yang tidak ikut terlibat dalam konfrontasi, juga tewas.

Israel mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk membongkar jaringan militan dan menggagalkan serangan di masa depan. Orang-orang Palestina melihat mereka sebagai pertahanan lebih lanjut dari pendudukan terbuka Israel selama 55 tahun atas tanah yang mereka cari untuk negara merdeka mereka di masa depan.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, bersama dengan Jalur Gaza dan Yerusalem timur, wilayah yang diinginkan Palestina untuk negara impian mereka. Sejak saat itu Israel telah menempatkan 500.000 orang di sekitar 130 permukiman di Tepi Barat, yang mana orang Palestina dan sebagian besar masyarakat internasional anggap sebagai penghalang perdamaian.(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/palestinians-say-israeli-troops-kill-man-in-west-bank/6919465.html

  • Bagikan