Tenis Australia Terbuka Melarang Bendera Rusia dan Belarusia Masuk Turnamen

  • Bagikan
Seorang penonton memegang bendera Rusia di Australia Terbuka pada hari Senin

AUSTRALIA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Bendera Rusia dan Belarusia telah dilarang dari turnamen tenis Australia Terbuka setelah insiden di tepi lapangan.

Penonton awalnya diizinkan membawa bendera-bendera tersebut ke Melbourne Park (Taman Melbourne) dengan syarat mereka tidak menimbulkan "kekacauan".

Tetapi penyelenggara membalikkan keputusan itu pada hari Selasa, setelah penggemar mengibarkan bendera Rusia selama pertandingan antara Kateryna Baindl dari Ukraina dan Kamilla Rakhimova dari Rusia.

Larangan tersebut segera diberlakukan secara efektif.

"Kami akan terus bekerja dengan para pemain dan penggemar kami untuk memastikan lingkungan terbaik untuk menikmati tenis," kata Tennis Australia dalam sebuah pernyataan.

Penggemar Ukraina mengatakan mereka memanggil polisi dan keamanan ke pertandingan putaran pertama pada hari Senin, mengklaim pendukung Rusia "mengejek" Baindl.

"Ini sangat tidak aman, perang sedang berlangsung," kata seorang penggemar kepada surat kabar lokal The Age. "Ini adalah lapangan kecil, orang-orang itu sangat dekat dengan para pemain, jadi ada elemen yang saya rasakan sebagai intimidasi."

Namun salah satu pria Rusia yang terlibat mengatakan kepada The Age bahwa kelompoknya hanya menyemangati rekan senegaranya.

"Orang-orang dapat melihat itu sebagai hal yang menjengkelkan, tetapi kami hanya menjadi pendukung normal Anda. Tidak ada ejekan atau rasa tidak hormat."

Duta Besar Ukraina untuk Australia dan Selandia Baru sebelumnya meminta Tenis Australia untuk mengambil tindakan.

Atlet Rusia dan Belarusia tidak dapat bermain di bawah bendera negara mereka di beberapa cabang olahraga, termasuk tenis, sejak invasi Ukraina dimulai pada Februari tahun lalu.

Sementara para pemain dari kedua negara tersebut berkompetisi di bawah bendera putih netral selama Australia Terbuka, mereka dilarang bermain di Wimbledon sama sekali pada tahun 2022.

Penyelenggara kemudian didenda dan turnamen tersebut dilucuti poin peringkatnya oleh Asosiasi Profesional Tenis dan Asosiasi Tenis Wanita. WTA mengatakan peluang yang sama bagi pemain untuk bersaing sebagai individu harus dilindungi.

  • Wimbledon melarang pemain Rusia dan Belarusia

Pemerintah negara bagian Victoria pada hari Selasa mengatakan Tenis Australia telah membuat keputusan yang tepat.

"Invasi Rusia ke Ukraina sangat menjijikkan," kata penjabat perdana menteri Jancinta Allan. "Ini melanggar kewajiban hak asasi manusia internasional. Ini telah diaktifkan dan didukung oleh Belarus."

"[Ini] mengirimkan pesan yang sangat, sangat jelas bahwa hak asasi manusia itu penting, baik itu dalam olahraga, atau lebih luas lagi di komunitas kita."

Larangan itu muncul setelah petenis Ukraina Marta Kostyuk mengatakan dia tidak akan berjabat tangan dengan lawan-lawan dari Rusia dan Belarusia yang menurutnya belum melakukan cukup banyak hal untuk mengutuk invasi tersebut. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-australia-64286470

  • Bagikan