Rayakan Tahun Baru Cina, Ini Makna Imlek Bagi APT

  • Bagikan
Andre Prasetyo Tanta (APT)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kader muda Partai NasDem, Andre Prasetyo Tanta (APT) memaknai tahun baru Cina atau imlek merupakan sebuah adat budaya yang dijalankan oleh seluruh etnis Tionghoa tanpa memandang sebuah kepercayaan (agama).

"Tahun baru Imlek merupakan sebuah budaya yang mana merayakan memasuki musim panen yang pada dulu kala selalu dirayakan oleh para leluhur kita," kata APT, Sabtu (21/1).

Anggota DPRD Sulsel ini menyebutkan maka dari itu Imlek bukanlah merupakan hari raya salah satu agama atau kepercayaan tetapi merupakan adat budaya dari etnis tionghoa pada keseluruhan.

"Tahun baru imlek dikenal dengan acara silaturahmi atau ramah tamah yang mana kita berkumpul bersama dengan keluarga yang pada awalnya dirayakan pada saat makan malam sebelum memasuki tahun baru imlek," ujarnya.

"Ini merupakan budaya yang mana pada hari imlek itu merupakan hari seluruh keluarga, kerabat, dan sahabat yang sudah lama tak bertemu akhirnya berkumpul di satu tempat untuk dapat kembali bersilaturahmi," lanjutnya.

Maka dari itu makna dari imlek kata dia sesungguhnya adalah bagaimana bisa bersilaturahmi berbagi kesenangan dengan seluruh elemen keluarga dan juga kerabat.

"Tentu menyambut tahun baru imlek merupakan sebuah kesenangan yang mana kita berharap dengan tahun yang baru tentu kita semua selalu diberikan kesehatan, kesejahteraan dan rejeki yang melimpah untuk seluruh keluarga, sahabat dan tentunya untuk masyarakat Makassar khususnya dan Indonesia pada luasnya," jelasnya.

Dia menjelaskan, dirinya dan keluarga selalu merayakan imlek diawali dengan bersih-bersih rumah, lalu mengunjungi klenteng yang ada di Kota Makassar. Hal itu untuk mengucap syukur atas pemberian yang telah diberikan selama 1 tahun ini.

"Kami berdoa agar di tahun yang baru kita selalu diberkati, dilindungi dan berharap tahun yang baru akan jauh lebih baik dari yang sebelumnya," tukasnya.

"Setelah itu kita mengadakan makan malam bersama dengan seluruh keluarga-keluarga dekat, dan pada puncak nya di hari tahun baru imlek kita bersilaturahmi dengan seluruh keluarga-keluarga sahabat dan kerabat yang merayakan," tutupnya. (Fahrul/Raksul/B).

  • Bagikan