1 Abad Nahdlatul Ulama, Ayo Pasang Bendera NU dan Merah Putih

  • Bagikan

RAKYATSULSEL, Dalam rangka menyongsong dan memeriahkan Hari Lahir (Harlah) 1 Abad NU yang jatuh pada tanggal 7 Februari 2023 mendatang, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Pringsewu melakukan gerakan pemasangan bendera NU.

Selain bendera NU, dipasang juga bendera merah putih sebagai wujud kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan pemasangan dua bendera ini, seluruh masyarakat khususnya warga NU diharapkan juga mampu kembali mengingatkan perjuangan para pejuang dan ulama yang telah mewujudkan Indonesia damai sampai sekarang ini. 

Momentum pemasangan bendera merah putih dan bendera NU di Kabupaten Pringsewu.

"Ini juga akan menjadi syiar peringatan Harlah 1 Abad NU," kata H Taufik Qurohim, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu, Senin (23/1/2023).

Bendera ini akan dipasang depan kediaman warga NU dan juga kantor, lembaga pendidikan, masjid, dan mushala di lingkungan Nahdlatul Ulama.

Kiai Taufik menambahkan bahwa 1 Abad merupakan umur menandai awal kebangkitan NU di abad kedua. Oleh karena itu, pengurus dan warga NU harus menguatkan barisan dan meningkatkan semangat dalam ber-NU.

Untuk menyukseskan upaya ini, PCNU Pringsewu sudah melakukan koordinasi dengan setiap jajaran. Pihaknya telah mengeluarkan edaran berdasarkan instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nomor: 476/PB.01/A.II.08.47/99/01/2023 tertanggal 20 Januari 2023.

Selain pemasangan bendera, PCNU juga sudah melakukan koordinasi nuntuk melaksanakan instruksi dari PBNU terkait dengan Istighotsah Jelang 1 Abad NU,

"PBNU menginstruksikan pengurus dan warga NU untuk menyelenggarakan istighotsah selama 9 (sembilan) hari sejak Senin malam Selasa 30 Januari 2023," jelasnya.

Istighotsah ini, lanjutnya adalah untuk memohon keselamatan, kemaslahatan, dan keberkahan bagi NU dan Indonesia.

Selain melaksanakan instruksi dari PBNU, warga NU di berbagai daerah juga menggelar beragam kegiatan untuk menjadi bagian sejaran NU di 1 Abad ini. Di antara yang dilakukan warga NU di Pringsewu adalah menggelar apel kader NU. Pada acara tersebut ribuan kader akan menyatukan semangat lagi berkhidmah di NU.

"Kita juga akan menggelar NU Award untuk memberikan apresiasi kepada para kader yang berprestasi dalam berkhidmah," ungkapnya.

NU di kabupaten dan kota lain di Lampung juga menggelar berbagai kegiatan seperti pengajian akbar, apel akbar, dan juga persiapan pengiriman jamaah ke Puncak Resepsi Akbar 1 Abad NU yang akan digelar di Gelora Delta Sidoarjo pada 7 Februari.

Di puncak acara ini akan hadir tidak kurang dari 1 juta warga NU dari berbagai daerah untuk mengikuti acara yang digelar selama 24 Jam Non-Stop.

"Semoga semua rangkaian acara akan berjalan dengan lancar dan membawa keberkahan bagi NU dan Indonesia," harap Kiai Taufik. (nu online)

  • Bagikan