Jadi Pertanyaan, Skincare Lebih Penting daripada Makanan Sehat?

  • Bagikan

Banyak orang rela membeli beragam jenis skincare, tetapi abai dalam mengonsumsi makanan sehat. Mereka menganggap skincare bisa lebih efektif dalam membuat kulit menjadi sehat dan glowing daripada pola makan sehat.

Kesehatan kulit bisa menurun seiring bertambahnya usia. Namun, selain karena penuaan, kulit juga bisa mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV berlebihan, kebiasaan merokok, kebersihan kulit yang tidak terjaga, konsumsi makanan tidak sehat, dan stres berlebihan.

Nah, agar kulit tetap sehat, kamu dianjurkan untuk melakukan perawatan kulit secara rutin. Cara merawat kulit dapat dilakukan dengan berbagai langkah, seperti menggunakan skincare dan mengonsumsi makanan sehat.

Sayangnya, beberapa orang masih meyakini kalau konsumsi makanan sehat tidak lebih penting daripada penggunaan skincare dalam menyehatkan kulit.

Lebih Penting Skincare atau Makanan Sehat?

Skincare merupakan rangkaian produk perawatan kulit yang digunakan langsung pada kulit, misalnya serum, toner, dan pelembap. Sementara itu, makanan sehat adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kulit.

Skincare dan makanan sehat sama-sama penting dalam mendukung kesehatan kulit. Jadi, anggapan bahwa penggunaan skincare lebih penting daripada makan makanan sehat itu keliru, ya. Skincare berperan dalam melindungi kulit dari luar tubuh, sedangkan makanan sehat dapat mendukung kesehatan kulit dari dalam.

Dengan menerapkan kedua cara tersebut, kesehatan kulit senantiasa terjaga dan kulit akan tampak lebih awet muda dan glowing. Selain itu, rajin merawat kulit juga akan mencegah munculnya masalah kulit, seperti jerawat, flek hitam, keriput, atau sunburn.

Jenis Skincare dan Makanan Sehat untuk Kulit

Skincare terdiri dari macam-macam produk dengan jenis, fungsi, dan kandungan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa jenis skincare yang wajib kamu miliki:

  • Sabun pembersih muka yang sesuai jenis kulit
  • Toner bebas alkohol
  • Serum atau essence yang mengandung nutrisi tertentu, seperti vitamin A, vitamin C, kolagen, atau vitamin E
  • Pelembap yang mengandung ceramideniacinamide, atau gliserol
  • Tabir surya dengan SPF minimal 30

Selain menggunakan produk perawatan kulit di atas, rawat juga kulitmu dari dalam dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat berikut ini:

  • Ikan, seperti sarden, tenggiri, atau teri
  • Buah-buahan, seperti alpukat, jeruk, jambu biji, blewah, nanas, kiwi, atau mangga
  • Kacang-kacangan, seperti kenari, kedelai, atau almond
  • Sayur-sayuran, seperti kubis, brokoli, bayam, kangkung, daun singkong, atau kembang kol
  • Air putih, teh hijau, jus buah atau sayuran.

Penggunaan skincare dan konsumsi makanan sehat sama-sama berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya, ya. Selain itu, kamu juga disarankan untuk menghindari merokok dan mengelola stres dengan baik agar kulit tampak awet muda.

REFERENSI: Fam, et al. (2022). Plant-Based Foods for Skin Health: A Narrative Review. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. 122 (3), pp. 614-629.
Cao, C., Xiao, Z., Wu, Y., & Ge, C. (2020). Diet and Skin Aging—From the Perspective of Food Nutrition. Nutrients. 12(3), pp. 870.
Messaraa, et al. (2020). Clinical Evidences Of Benefits From an Advanced Skin Care Routine in Comparison With A Simple Routine. Journal of Cosmetic Dermatology. 19(8), pp. 1993-1999.
dr. Kevin Adrian

  • Bagikan