Gelar Rakor, Bawaslu Sulbar Pastikan Kesiapan Daerah Hadapi Pemilu

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Sulbar Usman Sanjaya Beri Sambutan Acara Rakor Bawaslu se-Sulbar, Selasa (24/1) Malam.

MAMUJU, RAKYATSULSEL - Bawaslu Sulbar menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Bawaslu daerah se-Sulawesi Barat, Selasa (24/1) malam. Itu, dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia Pengawas Pemilu serta tata kelola kelembagaan dan pendidikan pelatihan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Bawaslu Sulbar. Hadir para Anggota Bawaslu Sulbar, Kepala Sekertariat Bawaslu Sulbar, dan Ketua dan Anggota serta Kepala/Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten se-Sulawesi Barat.

Turut hadir menjadi Narasumber yakni Anggota KPU Sulbar Farhanuddin, dan Ketua Bawaslu Sulbar Periode 2017-2022, Sulfan Sulo.

Komisioner Bawaslu Sulbar, Usman Sanjaya mengatakan, rapat ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Bawaslu di daerah dan jajaran dalam pengawasan tahapan pemilu. Khususnya terhadap tahapan yang dinilai rawan.

“Peningkatan kapasitas jajaran pengawas pemilu dan tata kelola kelembagaan yang menjadi kunci penting terhadap kualitas pengawasan kita,” ungkap Usman.

Ia juga menekankan adanya evaluasi hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu daerah khususnya Divisi SDM-O Diklat yang menjadi PIC pengawasan tahapan Pemilu, seperti pembentukan Badan Ad hoc serta pengawasan penataan Dapil dan Alokasi kursi DPRD Kabupaten dan Provinsi.

“Selain adanya evaluasi hasil pengawasan, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yakni membangun dan memperkuat sistem kerja dan pelaporan secara hierarki,” jelas Usman. (Sudirman/Raksul/A)

  • Bagikan