Membunyikan Tulang Jari, Adakah Bahayanya?

  • Bagikan

RAKYATSULSEL, Membunyikan jari cukup sering dilakukan banyak orang, khususnya saat tangan terasa lelah. Akhirnya hal ini bisa menjadi sebuah kebiasaan. Namun, apakah membunyikan jari berbahaya?

Radang sendi dipercaya menjadi efek buruk sering membunyikan jari. Tunggu dulu, hal ini belum tentu benar. 

Lantas, adakah bahaya membunyikan jari? Cari tahu faktanya berikut ini!

Kenapa Jari Kita Bisa Berbunyi?

Jari dapat berbunyi karena terdapat celah antarsendi jari tangan. Ketika membunyikan jari, timbullah gelembung udara di dalam cairan sendi untuk pecah. 

Hal tersebut sedikit mirip dengan meniup balon, yakni meregangkan dinding balon ke arah luar hingga meletus. 

Setelah membunyikan jari, kamu tidak akan dapat langsung membunyikannya kembali setelahnya. Karena, gelombang udara di dalam cairan sendi butuh waktu untuk terbentuk dan menumpuk kembali. 

Apa Bahayanya Jika Sering Membunyikan Jari?

Radang sendi kerap dianggap sebagai efek buruk akibat sering membunyikan jari tangan. 

Namun, menurut penelitian dalam Swiss Medical Journal, tidak ada bukti bahwa membunyikan jari dapat memicu arthritis atau peradangan sendi. 

Hasil serupa juga tercatat dalam penelitian di jurnal Arthritis & Rheumatology. Dalam riset itu, seorang dokter bereksperimen pada dirinya sendiri dengan membunyikan jari tangan kirinya sebanyak 2 kali atau lebih per hari selama 50 tahun. Ia tidak melakukan hal yang sama pada tangan kanannya.

Setelah menyelesaikan eksperimen, ia menemukan bahwa sendi-sendi tangan kirinya tidaklah berbeda dengan sendi tangan kanannya. Tidak terdapat pula tangan yang menunjukkan gejala artritis. 

Studi yang melibatkan sampel sebanyak 28 orang pun mencapai kesimpulan yang mirip.

Terlepas dari penelitian-penelitian tadi, membunyikan jari terus-menerus pernah menimbulkan kasus dislokasi atau cedera tendon. Namun, bahaya membunyikan jari ini jarang terjadi. 

Apabila kamu membunyikan jari, kemungkinan besar tidak akan menimbulkan bahaya. Kecuali, kekuatan yang digunakan amat berlebihan dan teknik yang salah sehingga berujung cedera.

Cara Menghentikan Kebiasaan Membunyikan Jari

Meski tidak membahayakan, membunyikan jari mungkin dapat mengganggu orang lain yang mendengar bunyinya. 

Kalau kamu sulit menghentikan kebiasaan tersebut, coba tips berikut ini:

  • Mencari cara lain untuk mengurangi stres, seperti bernapas dalam, berolahraga, maupun meditasi
  • Sibukkan kedua tangan dengan pereda stres lain, seperti meremas bola elastis (stress ball) atau menggunakan hand gripper untuk menguatkan genggaman tangan
  • Tiap kali hendak membunyikan jari, usahakan untuk menghentikannya sendiri secara sadar
  • Pikirkan mengapa kamu membunyikan jari, kenali masalah yang memicu kebiasaan tersebut

Meski membunyikan jari umumnya tidak berbahaya, kamu yang punya kebiasaan ini tetap harus waspada. Bila terdapat pembengkakan atau perubahan bentuk sendi, segera kunjungi dokter. 

Kalau jari nyeri atau bengkak saat dibunyikan, kemungkinan sudah ada penyakit tertentu yang ada sebelumnya, seperti artritis atau kadar asam urat tinggi. Jangan ragu konsultasi dengan dokter untuk membantumu mengetahui penyebabnya.

Referensi: Revue Medicale Suisse. My joints are cracking, is it serious doctor? A review about sounds produced by joints.

  • Bagikan