Puncak Peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73, Kanwil Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara dan Tasyakuran

  • Bagikan
Upacara Hari Bakti Imigrasi

PALEMBANG, RAKYATSULSEL - Sebagai puncak semarak memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham Sumsel menggelar upacara bendera sekaligus tasyakuran, bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Kamis (26/1).

Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya selaku Inspektur Upacara. Sementara bertindak selaku Perwira Upacara Kepala Divisi Keimigrasian, Herdaus, serta Komandan Upacara Kepala Kantor Imigrasi Palembang, Mohammad Ridwan. Upacara di halaman Kanim diikuti oleh seluruh jajaran Kantor Imigrasi Palembang maupun pegawai pada Kantor Wilayah.

“Perkenankan saya mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 kepada tiap insan Imigrasi. Semoga dengan tema Imigrasi Baru untuk Indonesia Semakin Maju menjadikan citra Imigrasi semakin baik dan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat khususnya dalam hal pelayanan keimigrasian," kata Ilham Djaya saat menyampaikan amanatnya.

Ilham Djaya juga mengatakan dalam rangka mendukung perekonomian nasional, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang pada tahun 2022 memperoleh capaian PNBP sebesar Rp19.396.450.000,- Atau 376,81 persen dari target capaian PNBP.

“Perlu kami sampaikan bahwa serapan anggaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang pada tahun anggaran 2022 adalah sebesar 97,03 persen," jelasnya.

Masih kata Ilham, dalam capaian Penegakan hukum keimigrasian, pada tahun 2022 telah dilakukan TAK 7 (tujuh) kegiatan penindakan terhadap WNA.

Ilham juga mengingatkan pentingnya peranan imigrasi dalam menangani keluar masuknya orang asing di wilayah NKRI, dimana Imigrasi menjadi garda terdepan dalam menyaring hanya orang asing yang memberikan manfaat untuk dapat masuk ke wilayah NKRI.

Kebijakan keimigrasian lain yang mempermudah masyarakat, yaitu aplikasi Elektronik Visa on Arrival (eVoa) yang baru saja diluncurkan dan diharapkan menjadi jembatan bagi kemajuan perekonomian bangsa.

Selain juga kebijakan masa berlaku paspor sampai dengan 10 tahun bagi pemegang Dokumen Perjalanan Republik Indonesia, serta pemberlakuan second home visa.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-73 Tahun 2023 dilaksanakan secara serentak baik di Tingkat Pusat,Kantor Wilayah, Atase dan Staf Teknis Imigrasi Perwakilan Luar Negeri dan Unit Pelaksana Teknis Imigrasi.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan tasyakuran, yang digelar di Aula Yusuf Adiwinata Kanim Palembang. Pada acara tasyakuran ini sekaligus dilaksanakan Peresmian Mobil Layanan Keliling ‘Lakso’, dan ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng.

Ilham juga mengapresasi para stakeholder yang turut hadir pada kegiatan ini, diantaranya Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Supriyono, Dandim Palembang 0418/Palembang Kolonel Inf Sumarlin, Kapolresta Palembang Kombespol Mokhamad Ngajib, Kajari Palembang Eko Adhyaksono, Asisten 3 Pemkot Palembang Zulkarnain, dan perwakilan forkopimda kota Palembang lainnya. (*)

  • Bagikan