Persiapan UKK Muba dinilai Sangat Baik, Kakanwil Ilham Djaya Apresiasi Pemda Musi Banyuasin

  • Bagikan

SEKAYU - RAKYATSULSEL, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya mengapresiasi pemerintah daerah Musi Banyuasin yang telah menyiapkan prasarana pembentukan Kantor Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Musi Banyuasin.

Hal tersebut diutarakan Ilham saat meninjau lokasi Kantor UKK Musi Banyuasin yang terletak di Jl. Merdeka, Sekayu, Musi Banyuasin pada Jumat pagi (27/1).

“Pendirian UKK ini merupakan terobosan yang sangat baik dan strategis, Pemda Muba telah berfikir kedepan ditengah kondisi saat ini pemikiran tersebut sangatlah visioner", ungkapnya.

Menurut Ilham, banyak inovasi yang telah dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan. Namun pendirian UKK Muba menjadi langkah strategis untuk lebih mendekatkan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat Muba dan TKA sekitar Muba.

“Saya terkagum melihat kesiapan Kantor UKK yang melebihi ekspektasi, mulai dari lokasi yang strategis, tata ruangan yang baik seperti ruang detensi, ruangan pegawai, lahan parkir, hingga ruangan layanan yang sudah sangat baik, dan tidak menutup kemungkinan akan segera naik menjadi Kantor Imigrasi Kelas III”, ungkap Ilham.

Kakanwil Ilham mengatakan bahwa pendirian UKK Muba juga telah mendapat dukungan penuh Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim saat dirinya bertemu beberapa waktu lalu.

“Pendirian Kantor UKK Muba ini sangat disambut baik oleh Dirjen Imigrasi, dalam waktu dekat, beliau juga berkenan melaunching secara resmi UKK Muba”, kata Ilham.

Ilham juga meyakini pendirian UKK Muba ini akan memberikan efek domino yang positif bagi Kabupaten Musi Banyuasin, dikatakannya Imigrasi akan turut berperan dalam upaya mengakselerasi percepatan roda ekonomi Musi Banyuasin yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Imigrasi dapat memberikan berbagai kemudahan untuk menarik investor-investor asing melalui program Golden Visa, dan memudahkan masyarakat dalam mengajukan permohonan melalui sistem yang sudah terkoneksi dan terintegrasi secara luas," ungkap Ilham.

Sementara itu, Pj. Sekda Muba Musni Wijaya yang mendampingi Kakanwil Ilham dalam peninjaun itu mengatakan bahwa pihaknya akan segera menuntaskan persiapan-persiapan pendirian UKK Muba hingga UKK Muba ini siap beroperasi, seperti hibah lahan, sarana, serta SDM.

“Kami berharap persiapan apasaja yang belum, akan cepat terpenuhi agar UKK Muba ini segera bisa beroperasi untuk melayani masyarakat Muba, dan masyarakat Muba tidak perlu jauh-jauh lagi untuk mengurus paspor ke Palembang”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kantor Imigrasi Palembang juga membuka layanan eazy pasport bertempat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Musi Banyuasin, dengan menghasilkan 51 permohonan terdiri 28 permohonan paspor baru, dan 23 permohonan perpanjangan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus, Kepala Kantor Imigrasi Palembang, M. Ridwan, dan jajaran Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel.

  • Bagikan