Kakanwil Kemenkumham Babel Tinjau Inovasi Kanim Tanjungpandan

  • Bagikan
Kepala Kanwil Kumham Babel Imigrasi Tanjungpandan

TANJUNGPANDAN, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto, meninjau inovasi pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Jumat (27/1).

Peninjauan ini didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin, Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Suyatno, dan pejabat struktural.

Kantor Imigrasi Tanjungpandan memiliki 29 Inovasi yang telah berhasil membawa Kanim menjadi satuan kerja berpredikat WBBM pada tahun 2020 lalu dan mempertahankan WBBM pada tahun 2022.

Inovasi-inovasi tersebut terdiri dari 5 inovasi unggulan, inovasi sarana prasarana dan 14 inovasi lainnya.

Inovasi unggulan yang Kanim Tanjungpandan tawarkan meliputi Laskar Pelangi, yakni Pelayanan Penggantian Paspor, Mendanau, yakni Pelaporan Paspor di Pulau, Simpor, yakni Lacak Paspor Real Time, Keremunting, yakni Alat Bantu Permohonan WNA, dan M-Paspor atau Mobile Paspor.

Inovasi dari sisi Sarana Prasarana pun tak kalah menarik. Selain memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik, Kanim Tanjungpandan juga menerapkan fasilitas berbasis HAM, seperti Kursi Tunggu Prioritas, Guiding Block untuk Disabilitas dan Parkir Khusus Perempuan.

Kakanim Tanjungpandan, Suyanto, mengatakan jajarannya berkomitmen penuh dalam membangun Zona Integritas, dibuktikan melalui prestasinya dalam penyebarluasan informasi melalui media sosial yakni penghargaan dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk kategori Imifluencer atau Pengelolaan Media Sosial Terbaik.

"Untuk menghindari benturan kepentingan, Kanim Tanjungpandan memiliki area pelayanan terbuka yang dinamai Lengkuas Lounge, yang biasa digunakan pegawai dan masyarakat untuk berkonsultasi terkait keimigrasian," ucap Suyanto.

Terpisah, Kepala Kanwil Babel Harun Sulianto mengapresiasi inovasi dan pelayanan yang ada pada Kanim Tanjungpandan.

"Terus jaga kualitas layanan utk mempertahankan predikat WBBM, dg perbanyak inovasi," ujar Harun.

Diketahui, Kantor Imigrasi Tanjungpandan juga dilengkapi dengan Snack Corner dan Coffee Maker yang memiliki branding "Kopi Janji Kinerja" pada ruang pelayanan.

Untuk mendukung kenyamanan pegawai dalam bekerja, Kanim Tanjungpandan juga memiliki ruang studio yang selain digunakan sebagai ruangan produksi konten, juga digunakan para pegawai untuk refreshing sejenak guna menghilangkan penat dalam bekerja. (*)

  • Bagikan