Ketua IKA Unhas Bagi Pengalaman Usaha dengan Pelaku UMKM

  • Bagikan
Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman Motivasi Pelaku UMKM

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua Umum Ikatan Alumuni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Andi Amran Sulaiman berbagai pengalaman dengan ratusan pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kantor ASS Building, Sabtu (28/1).

Andi Amran Sulaiman mengatakan setiap pengusaha harus memiliki keyakinan lebih awal agar bisa sukses dalam menjalankan usahanya. Apalagi, dirinya sendiri menjadi pengusahaan mulai dari nol, sehingga dia memberikan resep kepada pengusaha yang ada di Sulsel.

"Kalau mau sukses harus memiliki haqqul yaqin, saya sendiri pernah minus dan Alhamdulillah kini kembali," katanya.

Pelatihan ini, kata dia tidak ada satupun dipungut biaya karena kata dia ini bagian dari berbagai pengalaman kepada masyarakat Sulsel yang ingin sukses, sehingga kata dia, orang bisa lahir dalam keadaan miskin tapi jangan meninggal dunia dalam keadaan miskin.

"Kalau ada yang baik dalam hidupku, kita harus berbagi dengan saudara-saudara kita. Saya rasa kesepian jadi pengusaha, tapi kalau banyak kita bisa diskusi," jelasnya.

Bahkan kegiatan temu UMKM ini akan dia lakukan setiap saat bahkan dalam agenda IKA Unhas wacana tiap bulan. "Kami usahakan tiap bulan, kalau bisa tiap pekan," tutupnya.

Dirinya menyebutkan jika Indonesia ini kaya raya khusus di Indonesia timur, dimana UMKM ini harus dibinah dengan baik.

"Kita harus berpikir bukan hanya naik 10 persen saja, tapi harus lebih dari itu.Kami sudah lakukan itu dan itu naik 10 ribu persen setiap tahun. Jadi harus membangun dengan importir," ujarnya.

Mantan Mentri Pertanian RI era Jokowi jilid I menyebutkan jika ada salah satu pengusaha asal Sulsel sudah melakukan espor ke luar negeri ke 14 negeri. Tapi saat ini menyelami penurunan karena suplainya kurang.

"Ini yang harus kita carikan solusi, kalau modal Negera sudah siapkan modal," jelasnya. (Fahrul/Raksul/B)

  • Bagikan