Niat Buang Sampah, Warga Justru Temukan Mayat ODGJ

  • Bagikan
Seorang pria di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berinisial MN (34) ditemukan meninggal dunia oleh tetangganya.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Seorang pria di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berinisial MN (34) ditemukan meninggal dunia oleh tetangganya. MN ditemukan sudah kaku dengan posisi terbaring di atas kursi rumahnya di Jalan Kumala, Kelurahan, Jongaya, Kecamatan Tamalate, Minggu (29/1/2023).

Menurut keterangan saksi bernama Alexander kepada polisi, jasad korban pertama kali dia temukan saat dirinya melintas di depan rumah korban. Dia kemudian mencium aroma tak sedap dari dalam rumah tersebut.

Aroma tak sedap itu awalnya saksi mengira hanya bau dari bangkai tikus yang sudah mati sehingga pada hari Sabtu (28/1/2023) atau sehari sebelum jasad korban ditemukan, saksi hanya berlalu dan tak mengecek kondisi rumah korban.

Namun keesokan harinya pada hari Minggu, sekitar pukul 09.00 Wita dimana saksi akan membuang sampah, dia kembali mencium bau bangkai dari dalam rumah korban. Karena penasaran saksi kemudian mengintip di jendela rumah korban dan saksi melihat korban sedang terbaring kaku di atas kursi.

Melihat kejadian itu, saksi pun bergegas memanggil saudara korban bernama Jamruddin untuk sama-sama melihat kondisi korban. Lalu pada saat dicek, korban sudah meninggal dunia.

"Dari keterangan saksi, pada hari Sabtu, saat saksi pulang kerja dia sudah mencium aroma tidak sedap dari rumah korban, tapi dia kira hanya bau bangkai tikus sehingga diabaikan," ucap Kasi Humas Polrestabes Makassar Kompol Lando KS saat dikonfirmasi.

Lando menjelaskan, dari keterangan saudara korban disampaikan bahwa korban mengalami gangguan kejiwaan atau ODGJ. Jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara untuk dilakukan pemeriksaan visum.

Polisi menduga, penyebab kematian korban akibat kelaparan karena di rumah korban atau tempat dia ditemukan tidak ada yang memperhatikan. Apalagi korban memiliki penyakit gangguan kejiwaan.

"Karena gangguan jiwa yang diderita korban diduga keluarganya tidak memberikan perhatian khusus atau diabaikan," sebutnya.

Atas kematian korban, polisi masih melakukan penyelidikan. Dimana rumah Korban sebagai lokasi ditemukan pertama kali meninggal dunia dipasangi gari polisi. (isak/B)

  • Bagikan