Empat Event Sulsel Masuk KEN 2023 Kemenparekraf

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)Tahun ini, hanya empat event di Sulsel yang berhasil masuk KEN. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel, Asriady Sulaiman mengatakan, adapun event Sulsel yang berhasil lolos Pada Ken 2023 ini, itu Festival Salo' Karajae Parepare, F8 Makassar, Beautiful Malino Kabupaten Gowa, dan Toraja Internasional Fest di Toraja. 

Diketahui, Festival Phinisi Bulukumba dan Festival Takabonerate Kepulauan Selayar, tahun ini tidak lagi masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Asriadi Sulaiman menyampaikan untuk dua event Sulsel tersebut tidak lolos pada KEN kali ini dikarenakan ada beberapa kendala teknis yang mengakibatkan dua event tersebut gagal masuk KEN, juga berdasarkan penilaian para kurator dari Kemenparekraf. 

"Jadi, ada beberapa kendala teknis terkait dua event tersebut, menurut para kurator dari Kemenparekaf masih kurang," ujarnya, saat dihubungi, Senin (30/1).

Namun, dua daerah ini masih diberi kesempatan untuk presentase ulang yang bisa menjadi pertimbangan.

"Dua event ini tetap diberi kesempatan termasuk kaji ulang agar akurat, sehingga jadi bahan presentase," imbuhnya.

Asriady mengakui, proses seleksi event se Indonesia ini berlangsung ketat, yang mengacu pada aspek ide, potensi, dan inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni dan budaya, dan aspek strategi komunikasi dan media. 

Sekedar informasi, Kemenparekraf telah melaunching 110 event wisata daerah dan 65 sport yang ditetapkan masuk dalam KEN 2023. Penetapan itu diumumkan pada Seremonial dan Peluncuran KEN 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, 29 Januari 2023. 

Presiden RI Joko Widodo berharap, even wisata yang berhasil menjadi even nasional yang tersebar di seluruh Indonesia ini dapat menjadi magnet pengunjung sehingga dapat mendongkrak prekonomian masyarakat. (Abu/A)

  • Bagikan