Pemkot Parepare Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Parepare pada Rabu malam (1/2/2023) menjadi atensi serius Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

Meski masih sementara dinas di luar daerah, Taufan Pawe (TP) tetap intens memantau perkembangan terkini banjir dan longsor di Parepare.

Melalui akun media sosial pribadinya sejak Rabu malam, Taufan Pawe sudah memerintahkan instansi terkait di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare, Dinas Damkar dan Penyelamatan Parepare, Call Centre 112, hingga Dinas Sosial (Dinsos) Parepare untuk bergerak cepat menanggulangi bencana, mengevakuasi masyarakat terdampak, hingga menyalurkan bantuan dan membuka dapur umum atau posko di lokasi bencana.

"Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Parepare sejak sore tadi, akibatnya sejumlah wilayah terdampak banjir. Kepada masyarakat sekalian saya mengimbau untuk tetap tenang, dan segera menuju lokasi yang lebih aman jika diperlukan," pesan Taufan Pawe melalui akun media sosial pribadinya, Rabu malam.

Di akun Sosmed itu juga, Taufan Pawe menulis, Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana dan BPBD Parepare telah turun ke sejumlah wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor untuk mengevakuasi warga, seperti di depan SMKN 1 Parepare, Lumpue, Kullangnge, BTN Savaras, Perumnas Wekkee, BTN Pepabri, serta sejumlah wilayah lain. Dia juga menyarankan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan pertolongan agar secepatnya menghubungi Call Center 112.

Posko bencana sudah dibuka sejak Kamis pagi (2/2/2023) di lokasi bencana, serta dapur umum disiagakan di Kantor Dinas Sosial Parepare.

Tim Dinas Sosial Parepare pun sudah turun menyalurkan bantuan, di antaranya kepada pasangan suami istri yang menjadi korban meninggal dunia akibat ikut hanyut bersama rumahnya di wilayah Tengah Galungnge (Tegal), Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung.

"Mariki tetap tenang sembari berdoa agar bencana ini segera berakhir, dan kita semua diberikan keselamatan dan kesehatan, salamaki," pinta Taufan Pawe. (*)

  • Bagikan