Jumat Curhat, Kapolres Luwu: Jaga Kamtibmas Butuh Partisipasi Masyarakat

  • Bagikan
Kapolres Luwu, AKBP Arisandi didampingi Camat Suli, Erham Lanco, saat menggelar Jumat Curhat, di Aula Kantor Camat Suli, Jumat (3/1/2023)

LUWU, RAKYATSULSEL,CO - Polres Luwu kembali menggelar kegiatan Jumat Curahan hati (Curhat) di Aula Kantor Camat Suli, Jumat (3/1/2023) 

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan Jumat Curhat ini sudah rutin dilaksanakan setiap minggu oleh Polres Luwu untuk menyerap aspirasi masyarakat dan mengurai dinamika Kamtibmas yang terjadi. 

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. didampingi Kabag Ren Polres Luwu Kompol H.Andi Hasanuddin, Sos., Kabag SDM Polres Luwu Kompol Samurai Anata, Kasat Samapta Polres Luwu AKP Yosep Dendang, Kasat Narkoba Polres Luwu Iptu Abdianto, S.Sos, Kapolsek Suli Polres Luwu AKP Idul, Kanit Regident Satlntas Polres Luwu Iptu Malkadri Ibrahim, S.H., M.M. 

Turut hadir Camat Suli Drs Erham, M.Si., Danramil 02 Suli Kapten Cav. Mursalim, Lurah Suli, Kades Papakaju, Kades Towondu, Kades Cimpuk utara, Kades Malela, Kades Kasiwang, Kades Padang Lambe, Kades Murante, Kades Buntu Kunyi, Kades Cakkewao, Kades Cimpuk, Kades Murante, KUA Suli Muh. Arsyad, S.Ag., tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga kelurahan Suli. 

Kapolres Luwu AKBP Arisandi, S.H., S.I.K., M.Si. menerangkan bahwa kegiatan ini digelar untuk mendengarkan langsung dari warga apa yang selama ini menjadi unek-unek mereka dan belum sempat tersampaikan, hal ini akan membuka sumbatan informasi sehingga situasi kamtibmas akan semakin kondusif. 

"Program ini digelar untuk mendengar, mencatat, dan mencari solusi setiap permasalahan di wilayah masing-masing. Sehingga kita bisa menampung setiap aspirasi masyarakat yang ada di wilayah yang kemudian kita bisa untuk memetakan dan mencari solusi untuk diselesaikan", Ujarnya. 

Dalam kegiatan jumat curhat, Kepala Desa Malela Muharram mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih, Jumat Curhat yang dilaksanakan Polri khususnya Polres Luwu dan menanyakan tentang patroli Polisi yang perlu ditingkatkan pada malam hari. 

"Kami menanyakan pak agar Patroli Polisi ditingkatkan khususnya malam hari pak, masih sering ditemukan remaja yang nongkrong sampai larut malam, bahkan ada yang minum minuman keras", Ujarnya. 

Kapolres Luwu AKBP Arisandi menjawab bahwa anak-anak dan remaja masih membutuhkan perhatian dari orang tua, guru serta masyarakat itu sendiri. Semua pihak harus bisa masuk kembali ke dunia mereka (anak dan remaja) agar kita bisa menjadi tempat mereka berbagi dan bercerita, bukan justru menghabiskan waktu mereka di jalan dengan hal-hal yang cenderung negatif. 

Pun termasuk kegiatan patroli kepolisian, hal ini adalah merupakan salah satu upaya preventif yang dilakukan Kepolisian dalam mencegah terjadinya kejahatan. Meski hal ini mungkin hanya bersifat crime displacement atau memindahkan kejahatan dari satu tempat ke tempat lainnya. 

"Oleh karena itu kita perlu memaksimalkan jangkaun kehadiran aparat melalui sirine dan rotator pada kendaraan patroli juga partisipasi aktif masyarakat melalui poskamling atau ronda malam agar tidak ada tempat dan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya," pungkas AKBP Arisandi. (*)

  • Bagikan