Pelatihan Akbar 2023, Panitia Harap Peserta Kembangkan Kemampuan Analisis Data

  • Bagikan
Suasana Pelatihan Akbar 2023 di Jurusan Matematika FMIPA UNM

"Melihat kebutuhan akan kemampuan analisis data yang semakin urgent untuk saat ini, kami mengadakan pelatihan analisis data yang harapan saya peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menjadikan wadah dalam menggali pengetahuan, mengasah skill dan dapat meningkatkan kemampuan khususnya pada analisis data," papar Hidayat--sapaan akrabnya.

Sedangkan itu, Ketua Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Asdar mengapresiasi antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

“Dibandingkan dengan pelatihan tahun-tahun sebelumnya, peserta tahun ini meningkat dan hal ini layak diacungi jempol," singkatnya Asdar.

Melihat berbagai latar belakang yang dimiliki para peserta, kata dia, membuktikan analisis data ini tidak hanya digunakan dalam satu aspek saja, namun memiliki cangkupan yang luas.

"Para peserta yang hadir pada hari ini diharapkan menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dalam mengasah ketrampilan karena para pemateri merupakan ahli dibidang tersebut," tukasnya.

Kegiatan Pelatihan Akbar ini akan digelar selama tiga hari mulai 3 hingga 5 Februari 2023. Pada hari pertama kegiatan, Muhammad Rusdi membawakan materi mengenai statistik deskriptif, asumsi klasik, dan statistik parametrik (analisis korelasi dan analisis regresi).

Kemudian dilanjutkan oleh Aswar menjelaskan mengenai statistik parametrik (analisis komparasi, analisis jalur, analisis kluster), statistik non parametrik, dan uji kualitas instrumen pada hari kedua dan ketiga. (*)

  • Bagikan