Polisi Gelar Operasi Keselamatan 2023, Catat Tanggalnya

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Operasi Keselamatan 2023 bakal digelar jajaran Korlantas Polri, termasuk di Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini untuk meningkatkan budaya tertib berlalu lintas masyarakat Indonesia dengan tema 'Keselamatan Lalu Lintas yang Pertama dan Utama'.

Operasi ini akan digelar dari tanggal 7 sampai dengan 20 Februari mendatang. Dimana sebelum pelaksanaan operasi keselamatan dilaksanakan, Korlantas Polri menggelar Pelatihan Pra Operasi Keselamatan yang digelar di Aula Medellu Gedung NTMC Polri.

Khusus jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulsel, pelatihan pra operasi keselamatan digelar di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel untuk mengetahui teknis pelaksanaan operasi nanti.

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Faizal menjelaskan Operasi Keselamatan 2023 dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif. Tujuannya tak lain untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Termasuk juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," singkat Faizal, Jumat (3/2/2023).

Sementara Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri, AKBP Bargani mengatakan, ada banyak sasaran dalam Operasi Keselamatan 2023. Terutama segala jenis pelanggaran yang kasatmata.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut kata dia seperti tidak menggunakan helm, melawan arah dan potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas baik di jalan tol maupun di non jalan tol.

"Untuk itu kami imbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan agar tercipta Kamseltibcar Lantas," pesannya.

Adapun penindakan tilang, Bargani menyatakan pihaknya beserta jajaran tetap mengedepankan penindakan tilang elektronik dengan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang statis maupun mobile. "Proses penindakan denda (tilang) tetap kita kedepankan tilang ETLE," pungkasnya. (isak/B)

  • Bagikan