24 Lods Terbakar di Pasar Terong, Diduga Karena Arus Pendek

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sekitar 24 lods di Pasar Terong Makassar, Kecamatan Bontoala dilalap si jago merah pada Minggu (5/2/2023) malam. Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 21.00 Wita.

Kepala Dinas Damkar Kota Makassar Hasanuddin mengatakan kobaran api baru dapat dipadamkan pada pukul 22.31 Wita.

"14 unit mako damkar 1 unit tanjung 1 unit posko timur 4 ujung tanah," ujarnya.

Selama satu jam lebih, kebakaran tersebut menghanguskan 24 unit lods yang terdiri dari lods bahan campuran dan pecah belah.

Penyebab kebakaran, kata Hasanuddin, dugaan sementara karena arus pendek listrik. "Arus pendek," jelasnya.

Sementara itu, Komandan Platon 1 Damkar Makassar, Ramli mengatakan, pemadam kebakaran yang menerima laporan langsung berangkat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) pada pukul 21.13 Wita dengan jumlah 78 personil.

"Proses pemadaman berlangsung kurang lebih 40 menit. Yang terbakar itu lods barang pecah belah. Di lantai 2. Jumlah lods yang terbakar, 24," kata Ramli saat diwawancara lokasi kebakaran.

Dijelaskan, saat menjinakkan kobaran api Damkar Kota Makassar tidak menemukan kendala yang berat. Untuk penyebab kebakaran, Ramli mengaku belum bisa memastikan karena belum melakukan pemeriksaan secara jauh.

Namun dugaan awal kebakaran terjadi karena arus pendek. Hingga saat inipun belum diketahui kerugian yang terjadi saat luas objek 40x40 itu terbakar.

"Saat kebakaran, kami kurang tahu juga ada aktivitas atau tidak, karena pada saat kami tiba, sudah terbakar di lantai 2. Dugaan sementara, arus pendek listrik. Menurut informasi keamanan, dari Lantai 2," kuncinya. (sasa-isak/B)

  • Bagikan