Pimpin Rakor, Camat Barombong Tekankan Program Prioritas Soal Bansos dan Kamtibmas

  • Bagikan
Rapat koordinasi pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Aula Kantor Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, Rabu (8/2).

GOWA, RAKYATSULSEL - Camat Barombong Abd Rachman memprioritaskan Program Bantuan Sosial (Bansos) dan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk tahun 2023.

Hal itu dia sampaikan saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Aula Kantor Desa Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, Rabu (8/2).

Abd Rachman berharap dalam rapat koordinasi ini menjadi kegiatan evaluasi terhadap kegiatan yang telah berjalan maupun yang sementara berjalan disegala lini menyangkut kepentingan masyarakat, sehingga segala kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Desember lalu, kata dia. daerah Barombong mendapat musibah puting beliung. Meskipun tertangani dengan baik, Bansos yang sepenuhnya belum tersalurkan akan segera di prioritaskan secara merata kepada korban.

"Saat ini bantuan terdapat 80 nama, yang belum tersalurkan terdapat 45, kendala sehingga belum tersalurkan karena sebagaimana hasil koordinasi dengan Kementrian Sosial, menunggu petunjuk dari kementerian setelah tim kecamatan menyajikan data masyarakat yang memang harus diprioritaskan," kata camat Abd Rachman kepada peserta rapat.

"Jalur koordinasi tetap melalui Pemerintah Kecamatan, supaya ada tahapan evaluasi di setiap kegiatan, dibutuhkan hierarki secara berjenjang, agar satu persepsi menghindari miss komunikasi antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan," katanya lagi.

Selain itu, kata dia menjelaskan terkait persoalan Kamtibmas bukan diserahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian dan TNI, dibutuhkan koordinasi dengan Tripides, untuk membentuk pembinaan kelompok kepemudaan dengan tujuan menghindari hal-hal yang yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.

"Dan tentu aparat Desa terutama Kepala Dusun indikasi sering ada kelompok-kelompok pemuda yang berkumpul agar segera mendatangi dan berikan pemahaman secara humanis," paparnya.

  • Bagikan