Gus Muwafiq Sebut Harlah 1 Abad Cerminan Tingginya Kepercayaan Warga pada NU

  • Bagikan

RAKYATSULSEL,CO - SURABAYA, Peringatan 1 Abad NU menyedot antusiasme seluruh warga NU. Mereka yang ingin "ngalap" berkah raksasa, berbondong-bondong memadati arena gelaran 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal ini menjadi sorotan penceramah kondang KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq. Ia berkata, tingginya antusiasme warga menghadiri acara hajatan akbar NU itu cukup mencerminkan kepercayaan terhadap NU.

Dikutip dari NU Online, "Ini gerakan, di Sidoarjo ini mencerminkan kepercayaan luar biasa kepada NU," kata Gus Muwafiq saat ditemui di Stadion Gelora Delta, Selasa (7/2/2023) malam.

Bahkan, lanjut dia, kondisi cuaca hujan pun tidak menyurutkan semangat warga untuk mengikuti rangkaian acara sampai tuntas.

"Tadi hujan seperti itu, sangat deras, tidak ada yang bergeming. Ini luar biasa," tutur kiai kelahiran Lamongan, 2 Maret 1974 itu.

Berangkat pada kejadian tersebut, dia meyakini bahwa Nahdlatul Ulama di usianya yang ke-100 tahun telah terbukti sukses. "Ini ujian publik yang cukup matang sebenarnya," ucap ulama dengan tampilan rambut yang ikonik itu.

Besar ia berharap, menyongsong abad kedua dengan basis massa dengan jumlah yang luar biasa, Nahdlatul Ulama bisa terus menebar manfaat dan melebarkan khidmah.

"Tinggal nanti Gus Yahya dan kawan-kawan di pengurusan transisi dari abad pertama dan kedua ini berpijak pada ketentuan yang sudah disepakati dalam Muktamar NU," jabarnya.

Selain itu, NU sebagai organisasi konsolidasi yang telah bertransisi menjadi organisasi partisipasi diminta untuk lebih menata manajemen organisasi.

"Jadi, sejak lama NU didirikan, partisipasi warga luar biasa. Perubahan organisasi dari konsolidasi ke partisipasi itu sesuatu luar biasa," kata dia.

Sebagai organisasi diniyah, lanjut dia, NU diharapkan semakin matang dan sebagai organisasi kemasyarakatan harus semakin rapi.

"Tinggal kekuatan organisasi NU di abad kedua ini adalah mampu me-manage sistem masyarakat NU yang sudah melakukan partisipasi terhadap organisasi," tambahnya.

Sebagai informasi, rangkaian puncak resepsi 1 abad NU telah rampung per 7 Februari 2023 malam. Puncak acara diisi oleh pesta rakyat yang menampilkan sejumlah musisi Tanah Air. Seluruh rangkaian gelaran akbar tersebut berakhir dan ditutup oleh penampilan band kawakan Indonesia, Slank.

  • Bagikan