KPU Sulsel Bekali Jurnalis Belajar Kepemiluan

  • Bagikan
FOTO BERSAMA. Jajaran KPU Sulsel bersama sejumlah jurnalis melakukan foto bersama saat pelatihan seputar peliputan Pemilu serentak 2024, Sabtu (11/2/2023). FOTO: SURYADI/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Puluhan jurnalis dari berbagai media mengikuti pelatihan seputar peliputan Pemilu serentak 2024 yang digelar KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (11/2/2023).

Anggota KPU Sulsel, Misnah Attas mengungkapkan, wartawan dalam menjalankan tugas adalah ujung tombak memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

"Karena Jurnalis itu sebagai salah salah satu wadah penyebarluasan informasi dan akan sangat membantu penyelenggara selama pemilu," ujarnya.

Pelatihan dikemas dalam bentuk workshop dengan tema Pemilu Serentak 2024 tersebut, kata Misna, juga membahas materi tentang aturan terkait kepemiluan, edukasi hak pemilih serta bahaya laten money politik atau politik uang.

"Utamanya bagaimana mengedukasi masyarakat kita tentang hak pilih dan bahaya politik uang," ungkap mantan Ketua KPU Sulsel ini.

Tujuan workshop kali ini, lanjutnya, diharapkan agar para pewarta dapat menjalin kerja sama dengan penyelenggara dalam mengawal dan mengawasi setiap tahapan-tahapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 nanti.

Selain itu, proses sosialisasi tentang tahapan pemilu akan lebih mudah tersampaikan di masyarakat, mengingat kerja-kerja jurnalis sangat luas dan aksesnya dapat diterima langsung oleh masyarakat.

"Bahkan disampaikan beberapa teknis peliputan guna membantu jurnalis dalam memperoleh data dan informasi yang cukup untuk disampaikan ke khalayak ramai," tuturnya.

  • Bagikan