Hadiri HUT ke-17 Belopa, Gubernur Sulsel Ungkap Pemprov Telah Bantu Rp400 Miliar di Luwu

  • Bagikan
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Hadiri HUT ke-17 Belopo, Luwu

LUWU, RAKYATSULSEL - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Belopa, Luwu, Kamis (16/2).

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulsel itu mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah membantu Rp400 Miliar di Luwu. Itu, dalam rangka mendorong pembangunan.

"Kita terus mendorong pemerataan pembangunan di Sulsel, termasuk di wilayah Luwu Raya. Sekitar Rp400 Miliar lebih telah kita alokasikan di Luwu," ujar Andi Sudirman.

Infrastruktur yang memadai dihadirkan secara bertahap. Demikian juga dengan peningkatan sumber daya manusia.

Di antaranya di tahun 2022 pembangunan jalan ruas Rantepao -Sa'dan - Batusitanduk senilai Rp35 miliar dan pembangunan jembatan di ruas Rantepao - Batusitanduk Rp7,2 miliar.

Adapun melalui bantuan keuangan Provinsi di tahun 2022 sebesar Rp17 miliar untuk pengaspalan jalan ruas Bonglo - Pantilang, serta pembangunan jembatan Ponringan, serta rehab asrama IPMIL Luwu di Makassar.

Pemprov Sulsel melanjutkan pembangunan di Luwu melalui Bantuan Keuangan Tahun 2023 sebesar Rp25,5 miliar untuk pengerjaan jalan lanjutan Luwu Pantilang - Rantepao dan Subsidi Trans Andalan Sulsel.

Untuk infrastruktur lainnya, di tahun 2023 ini melaksanakan pembangunan jalan ruas Bua - Batas Kabupaten Toraja Utara di Kabupaten Luwu sepanjang 2,2 km.

Alokasi Rp15 miliar untuk rekonstruksi jalan untuk lanjutan ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk sepanjang 3 km dengan alokasi Rp15 miliar. Serta rehabilitasi dan daerah irigasi Makawa. Serta rehabilitasi daerah irigasi Lengkong Pini.

Sedangkan melalui anggaran senilai Rp18 miliar untuk pembebasan lahan runway Bua dan pembebasan lahan Jalan Bua - Toraja Utara.

  • Bagikan