Tiga Mantan Calon Walikota Diprediksi Bersaing di 2024

  • Bagikan
Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lembaga survei PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) telah merilis kandidat bakal calon Walikota Makassar, survei tersebut dilaksanakan dari 4 sampai 12 februari 2023 dengan sampel 440 responden. Dimana ada tiga mantan calon walikota diprediksi bersaing pada 2024 mendatang.

Mereka ialah, Munafri Arifuddin (24,1 persen), disusul Irman Yasin Limpo dengan (16,2 persen) dan di urutan ketiga Syamsul Rijal bersama dengan Wakil wali kota Makassar, Fatmawati Rusdi (13,0 persen).

Selanjutnya Andi Rachmatika Dewi (7,9 persen), Rudianto Lallo (4,6 persen), Rusdin Abdullah (2,8 persen), Abd. Rahman Bando (2,3 persen), Andi Bakti Djufri (1,4 persen), Fadli Ananda (0,9 persen), Prof Yusran Jusuf (0,9 persen), Hamzah Ahmad (0,5 persen).Dan Yasir Mahmud (0,5 Persen). Sementara yang belum menentukan Jawab atau Rahasia (12,0 persen).

Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir mengatakan pilwalkot makassar 2024 akan berjalan ketat, karna elektoral figur-figur tidak selisih terlalu jauh.

"Artinya mereka masih sangat mungkin saling menyalip elektabilitas menuju 2024," katanya, Minggu (19/2/2023).

Dirinya menyebutkan, adanya tiga nama bersaing yakni Appi sapaan Munafri Arifuddin, None atau sering disapa None dan Daeng Ical alias Syamsu Rizal karena tiga nama tersebut pernah ikut berkontestasi Pilwakot dan masih memiliki basis yang menginginkan mereka bertarung.

"Danny kemarin (Pilwakot sebelumnya), figur kuat. Setelah tidak ada Danny. Appi, None, Daeng Ical dan ibu Fatma mengambil sekian persen suaranya Danny dan itu pilihan alternatif," ujarnya.

"Appi dan None pemain lama, keduanya ini sudah lama berinvestasi politik di Makassar, kalau Daeng Ical suaranya stagnan," lanjutnya

Sementara Fatmawati, kata dia, sampai saat ini belum mengakar ke masyarakat Makassar. Masih adanya waktu kurang lebih satu tahun, kata Suwadi wakil wali Kota Makassar ini memiliki waktu mengejar Appi dan None.

"Untuk bisa menyaingi Appi dan None harus lebih mengakar lagi ke masyarakat, saya kira ibu Fatma bisa menyaingi Appi dan None, kan masih ada satu tahun lebih Pilwakot," bebernya.

Fatma bisa menyaingi tiga kandidat calon walikota tersebut jika kinerjanya dilihat jelas oleh masyarakat kota Daeng ini. "Apalagi kalau mendapatkan dukungan dari walikota (Danny)," jelasnya. (fahrullah/B)

  • Bagikan