Usai Dilantik, MT Ukhuwah UMI Bahas Digitalisasi dan Literasi Penguatan Ketrampilan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pengurus Majelis Taklim (MT) Ukhuwah Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, yang dipimpin Dr. Hj. Amirah Kallabe, M.Si, periode 2022-2026 resmi dilantik peripde ke II.

Prosesi pelantikan dirangkaikan dengan workshop literasi digital. Rabu 22 Februari 2023 di Auditorium Al- Jibra kampus 2 UMI.

Hadir Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Perwkilan Kakanwil Agama Sulsel. Juga hadir Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding bersama wakil Rektor dan Direktur PPs UMI.

"Erah digitalisasi saat ini, perempuan harus certas. Itu sebabnyakami mengambil topik seminar, bagian dari mengedukasi dan berbagi pengalaman," kata Ketua MT Ukhuwah UMI, Amirah Kallabe usai dilantik.

Sebelumnya, dalam sambutanya. Istri Rektor UMI itu menyampaikan, MT Ukhuwah UMI adalah suatu organisasi non struktural.

Di mana organisasi ini berdiri atau bertujuan untuk menjalankan visi misi UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah memiliki jenjang kepengurusan dari tingkat Universitas, Program Pascasarjana dan Fakultas.

"Pada periode pertama setelah kami dilantik kami melakukan rapat kerja untuk menentukan program apa saja yang akan kami lakukan serta membuat bidang-bidang apa kira-kira yang selaras dengan visi misi UMI," katanya.

"Yang kami ambil pada saat itu adalah bidang organisasi dakwah bidang pendidikan dan bidang sosial di masa periode pertama kepengurusan. Tentunya mengalami beberapa tantangan dalam pelaksanaannya setiap program," sambungnya.

Dia mengakui bahwa sejau ini banyak kolaborasi sehingga programnya terlaksana dengan baik. Pihaknya tidak akan dapat bergerak tanpa ada dukungan dari para pimpinan Universitas dan Fakultas.

"Alhamdulillah, mereka terketuk hatinya untuk memberikan sumbangan. Dan ini juga mungkin adalah merupakan anugerah setelah mendapat izin atau ceramah di Pesantren Darul Mukhlisin," ungkapnya.

Di awal tahun 2023 pengurus MT Ukhuwah UMI melakukan berbagai kegiatan, diantaranya penghijauan kampus lewat penanaman pohon. Pihaknya juga melakukan senam di taman Firdaus UMI, juga kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim indonesia menyerah Alquran, mukena untuk para santri dan beberapa masjid yang ada di Kabupaten Barru.

"Ini adalah berkat kerjasama dengan Majelis Taklim program pascasarjana. Kami juga memohon masukan dalam upaya pengembangan Majelis Taklim Universitas Muslim Indonesia agar kedepannya menjadi lebih baik," pungkasnya.

Sedangkan, Rektor UMI memuji mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MT Ukhuwah UMI. Menirutnya, sangat luar biasa kegitan srikandi di UMI.

"Sangat luar biasa kegiatan MT Ukhuwah UMK. Sama sekali tidak ada satu senpun bantuan dari kami diatas (Rektorat)," katanya.

Menurutnya, kerjasama yang baik di tingkat bawah penting. Bagaimana kalau ada kebersamaan usaha pasti sukses.

"Jangan pernah ada di antara kita parsial-parsial, ke depan lebih bagus lagi dari apa yang kita lihat saat ini," pungkasnya. (Yad/A)

  • Bagikan