Polrestabes Persiapkan Kemanan Masjid Jelang Ramadan

  • Bagikan
SILATURAHMI DENGAN TOKOH AGAMA. Suasana kegiatan Jumat Curhat dengan tokoh agama di Masjid Al Markaz, Jumat (24/2/2023). (ISAK/RAKYATSULSEL)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Polrestabes Makassar bakan menggerakkan sejumlah personelnya ke masjid-masjid guna menjamin keamanan jelang bulan puasa Ramadan.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto menyampaikan, dalam pengamanan nantinya setiap masjid akan diberikan bantuan pengamanan. Khusus masjid yang besar akan didirikan pos polisi di sana.

"Ini kita lakukan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan menciptakan ketertiban," kata Budhi usai melaksanakan kegiatan Jumat Curhat dengan tokoh agama di Masjid Al Markaz, Jumat (24/2/2023).

Menurutnya, pengamanan di bulan puasa Ramadan adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh kepolisian. Apalagi di bulan tersebut menurut kepercayaan agama Islam adalah bulan yang penuh kesucian.

Adapun masjid yang menjadi fokus utama pengamanan dan pendirian pos jaga seperti di Masjid Al Markaz, mengingat masjid tersebut jamaahnya banyak. Pengamanan pun dilakukan agar masyarakat yang datang berkunjung atau melaksanakan ibadah di bulan Ramadan dapat merasakan aman dan nyaman.

"Masjid Al Markaz diberikan bantuan pengamanan. Supaya pengunjung yang datang di Masjid Al Markaz ini bisa lebih nyaman. Masjid-masjid yang lain itu juga kita akan komunikasi, apabila memang dirasa pengunjungnya sebanyak seperti di masjid ini mungkin kita akan memberikan pelayanan yang sama," sebutnya.

Lanjut, perwira polisi berpangkat tiga melati ini melihat setiap masjid khususnya yang besar seperti Al Markaz ini setiap tahunya punya potensi terjadi gangguan keamanan yang tinggi. Sebab, tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun pusat perbelanjaan.

Belum lagi daerah di sekitarnya yang masuk dalam kategori rawan terjadi tindak kriminalitas seperti perang kelompok, pencurian, dan banyak lainnya. Makanya, Budhi ingin memastikan semua itu dapat dicegah sedini mungkin.

  • Bagikan