Tekuk Persebaya, PSM Makin Kokoh di Puncak

  • Bagikan
GIRING BOLA. Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim mencoba melewati pemain Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (24/2/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - PSM Makassar berhasil mencuri 3 poin di kandang Persebaya Surabaya saat bermain dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (24/2/2023).
Persebaya harus mengakui kemenangan Juku Eja (Julukan PSM) setelah Muhammad Alwi Slamat mencetak gol bunuh diri pada menit ke-71.

Kesalahan fatal Alwi Slamat terjadi ketika pemain PSM, Everton mencoba melakukan umpang dari sisi kanan gawang Persebaya Surabaya, namun mengenai kaki Alwi Slamat.

Keberhasilan mengalahkan Persebaya membuat PSM kokoh di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 dan menjauh dari Persib Bandung serta Persija Jakarta. Juku Eja kini mengemas 56 poin. Atau selisih 4 poin dengan Persib Bandung yang kini bertengger di posisi kedua dan 6 poin atas Persija di urutan ketiga klasemen.

Adapun kegagalan itu membuat Persebaya belum beranjak dari posisi ketujuh dengan torehan 37 poin dari 24 laga Liga 1 musim ini.

Berdasarkan statistik, Persebaya memiliki persentase lebih baik di laga tersebut. Mereka memiliki tendangan gol ke gawang yang sama dengan PSM (dua tendangan tepat sasaran), walau Persebaya memiliki jumlah tendangan melenceng lebih banyak dari PSM, yakni 9 banding 5.

Paling mencolok adalah jumlah penguasaan bola, yakni 72% dilakukan Persebaya dalam upaya menekan permainan PSM. Sementara tuan rumah lebih banyak mengandalkan serangan balik dengan persentase permainan sebesar 28%.

Namun, PSM sepertinya bermain lebih efektif di laga tersebut. Walau mendapat tekanan hebat dari tim tuan rumah sejak awal pertandingan, mereka mampu meredam ekploisitas pasukan Aji Santoso.

Kesabaran serta perjuangan yang dibangun PSM lewat arahan Bernardo Tavares ternyata lebih ampuh, hingga membuat Persebaya harus membayar mahal gol bunuh diri yang dilakukan Slamat pada babak kedua.

Jalannya Laga

Pada awal jalannya laga, PSM Makassar langsung memberikan tekanan. Yakob Sayuri lepaskan tembakan kaki kanan pada menit 2, tapi bola masih tipis di atas gawang Andhika Ramadhani.

Persebaya menyerang di menit kelima. Koko Ari umpan lambung ke dalam kotak penalti. Reza Arya Pratama langsung keluar menghalau bola.

Sebagai tuan rumah, Persebaya terus mencoba melakukan percobaan melalui Ze Valente pada menit 36. Namun tendangannya belum memenuhi target. Bahkan pemain berkewarganegaraan Portugal tersebut mendapatkan peluang pada menit 39 melalui tendangan bebas, namun mampu diantisipasi Yuran Fernandes.

Anak asuh Aji Santoso kembali melakukan percobaan melalui Januar Eka pada menit 41, bahkan Januar tidak terkawal, namun tiba-tiba pemain belakang PSM Makassar, Erwin Gutawa datang dari sisi kiri dan langsung memblok dan hanya membuatkan tendangan sudut untuk Persebaya.

Babak kedua, Persebaya dan PSM mencoba melakukan perubahan strategi. Aji Santoso langsung memasukan dua pemain Paulo Victor dan Sho Yamamoto, dan menarik Denny Agus dan Januar Eka.

Sedang PSM melakukan penyegaran dengan menarik Agung Mannan dan memasukkan Safruddin Tahar. Pada menit 62, Bernardo Tavares kembali menarik Kenzo Nambu dan memasukkan Everton Naschimento.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan, kehadiran suporter PSM Makassar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik menjadikan energi bagi anak-anak asuhnya. Apalagi pertandingan ini, kata dia sangat penting. "Hadirnya suporter menjadi energi positif terhadap pemain," bebernya.

Saat ini, kata Tavares fokus untuk menghadapi laga selanjutnya. PSM akan bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Dewa United pada 1 Maret 2023. "Fokus kami hanya untuk pertandingan selanjutnya," jelasnya. (fahrullah/B)

  • Bagikan