Daeng Manye, Harapan Baru Takalar, Tunaikan Pesan Ibunda

  • Bagikan
Tokoh masyarakat Kabupaten Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye (kanan) saat menjadi tamu podcast Harian Rakyat Sulsel, Minggu (26/2/2023).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tokoh masyarakat Kabupaten Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye merupakan salah satu figur yang siap maju pada pemilihan kepala daerah di Takalar pada 2024. Sejumlah gagasan telah disiapkan untuk membangun kampung halamannya itu.

Keseriusan Firdaus maju pada kontestasi politik lima tahunan itu dengan mulai kunjungan ke beberapa tempat di Kabupaten Takalar. Lazimnya pendatang baru di dunia politik, Firdaus rutin menyapa masyarakat dan melihat kondisi sosial ekonomi di Takalar.

Firdaus mengatakan, Takalar sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi dan keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain, utamanya sumber daya alam dan pontensi objek wisata.

"Takalar punya laut dan itu ada potensi sumber daya laut yang bisa dieksplorasi. Takalar punya pulau, bisa menjadi destinasi wisata," kata dia, saat menjadi tamu podcast Harian Rakyat Sulsel, Minggu (26/2/2023).

"Takalar juga punya pantai sepanjang 74 KM garis pantai dan saya liat itu banyak hal juga bisa dilakukan, mulai dari tambak rumput laut, udang dan banyak hal lainnya. Termasuk dibuat tempat kuliner, orang akan datang dan menikmati suasana pantai dan itu bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," sambungnya.

Selain itu, Takalar juga disebut dekat dengan Kota Makassar yang mana dikenal sebagai salah satu kota dagang. Jika akses antara Kabupaten Takalar dengan Kota Makassar bisa diperbaiki maka ekonomi yang ada di Makassar bisa ikut mendobrak ekonomi masyarakat Takalar.

"Kalau dekat dengan Makassar artinya ada dampak ke Takalar. Apalagi IKN di Penajam, itukan dekat juga. Kebutuhan yang ada di Sulsel seperti padi, ikan, hasil perkebunan itu bisa dipasok ke daerah-daerah ini," ujar dia.

Namun dalam mencapai itu semua disebut ada tiga hal pokok yang harus mulai dibangun, pertama infrastruktur, kedua sumber energi dan terakhir kemajuan teknologi. Ketiganya disebut saling berkaitan apalagi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

  • Bagikan