Dorong Jiwa Pengusaha, HIPMI Bantaeng Gelar Diklatcab

  • Bagikan
Suasana Diklatcab BPC HIPMI Bantaeng di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Pertama dalam sejarah berdirinya cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Bantaeng, Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Bantaeng menggelar Diklatcab yang dilaksanakan di Hotel Kirei, Kecamatan Bantaeng.

Diklatcab itu dilaksanakan selama dua hari, 26 sampai 27 Februari 2023. Mewakili seluruh panitia, Sekretaris Panitia, Ahmad Miswari mengatakan, kegiatan itu bertujuan mendorong jiwa pengusaha muda sebagai kolaborasi Bantaeng lebih baik.

"Jadi kegiatan ini digelar selama dua hari. Hari pertama peserta mengikuti tiga materi. Inti ke-HIPMI-an, Peran HIPMI, dan Peran HIPMI dalam kemajuan ekonomi Bantaeng," kata dia.

Hari kedua, materi yang diberikan Analisis Pasar dan Human Relationship, Peran perbankan dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Bantaeng serta Ekosistem ekonomi dan kolaborasi merk.

"Jumlah peserta 31 orang. Kita undang dari BPC se Sulawesi Selatan. Namun yang berkesempatan dari luar ada dari Maros dan Pangkep," kata dia.

Lebih lanjut, kegiatan BPC HIPMI Bantaeng adalah sebuah kegiatan wajib sebagai lembaga kaderisasi calon pengusaha dan pengusaha muda.

Harapannya, peserta bisa mencapai target tiga poin utama. Pertama, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku wirausaha muda.

Kedua, memberikan ruang dan relasi kepada para pengusaha muda agar melek berwirausaha agar mampu menumbuhkankembangkan kesadaran berwirausaha melalu branding HIPMI.

Ketiga, merawat dan menjalin keakraban serta membangun semangat diantara sesama pengusaha terkhusus kader dan pengurus dalam ruang lingkup HIPMI.

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Bantaeng, Muh Amhy mengatakan, bahwa sinergi lintas sektor dalam dunia usaha sangat dibutuhkan bagi calon pengusaha dan pengusaha muda di Bantaeng.

"Jikalau pengusaha, perbankan dan pemerintah bersinergi maka tidak ada hal yang sulit melalui kolaborasi mewujudkan Bantaeng lebih baik. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua BPD HIPMI Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani yang telah mensupport kegiatan kami," kata Muh Amhy.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Muh Arif. Turut hadir, Mantum HIPMI Bantaeng, Lukman Harun, Wasekum BPD HIPMI Sulsel, Harianto Lasoso Albar, Mantan Ketua HIPMI Sulsel, Yudi Ondong, Dandim Bantaeng, Letkol Arm Gatot Awan, Pimca Bank Sulsel, Muh Ilham, Perwakilan BNI Bantaeng, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Muhammad Tafsir, Sekretaris APINDO, Owner Turaya Coffe, M Muhtahir, Ketua Karang Taruna Sulsel, Hermansyah, Ketua Karang Taruna Bantaeng, Ahmad Yani, Pengurus BPC HIPMI Pangkep dan Mantum HIPMI Bantaeng, H Imrianto Padu. (Jet)

  • Bagikan