DPP PKB Uji Kelayakan Caleg DPR RI Asal Sulsel

  • Bagikan
UJI KELAYAKAN. Mantan Wakil Bupati Pangkep, Rahman Assegaf, (tengah) saat ikuti uji kepatutan dan kelayakan di Kantor PKB Sulsel, Sabtu malam (4/3/2023). (SURYADI/RAKYATSILSEL)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Diketahui, 3 dari 15 bacaleg yang mengikuti uji kelayakan tersebut ada beberapa figur yang sebelumnya kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kini berstatus caleg PKB, yaitu Nur Hasan, Ambo Dalle, dan Wawan Mataliu.

Selain itu, khusus di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel II, terdapat dua nama sangat familiar, yakni mantan Wakil Bupaten Pangkep, Abd Rahman Assegaf dan mantan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satrio Yulianto yang saat ini berstatus caleg di PKB.

Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB, Zainul Munasichin mengatakan, ada beberapa yang akan digali di masing-masing bacaleg pada kegiatan ini.

"Pertama, pengetahuan mereka dengan PKB, sejauh mana dia mengetahui visi dan misinya partai," ungkap Zainul saat uji kelayakan dan kepatutan untuk bacaleg DPR RI Dapil Sulsel II di Kantor DPW PKB Sulsel, Jalan Toddopuli Raya Makassar, Sabtu malam (4/3/2023).

Kemudian, lanjut Zainul, menggali motivasi kepada para bacaleg ini. Apakah untuk pengabdian di masyarakat, hanya sekadar naik kelas, atau ada motivasi lain seperti ingin memperkaya diri.

"Jadi kita mau gali motivasi mereka untuk nyaleg. Ketiga kita akan gali mengenai dapil, seberapa paham mereka tentang dapilnya," bebernya.

"Termasuk ada juga materi tentang strategi pemenangan dan strategi pemenangannya mau pake seperti apa," tambah Zainul.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menggali pengetahuan para bacaleg tentang kearifan lokal dan aspek-aspek sosiologi kultural yang berkembang di dapilnya.

  • Bagikan