KPU RI Pantau Tes Tertulis Calon Komisioner di Sulsel

  • Bagikan
ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim seleksi (Timsel) akan melakukan tes tertulis calon anggota komisioner KPU Sulsel periode 2023/2028 di Gedung Phinisi (Ruang ICT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (6/3/2023).

"Jadi, calon komisioner KPU 70 orang ini akan jalani tes tertulis. Lokasinya di Phinisi UNM. Ini langsung diawasi oleh tim pusat KPU RI," ungkap Ketua Timsel Calon komisioner KPU Sulsel, Nur Fadhilah Mappaselleng, Minggu (5/3/2023).

Ia menjelaskan, seleksi tertulis hanya dilaksanakan satu hari. Hasilnya akan diambil tim KPU RI untuk kemudian dibawa ke pusat.

Nur Fadhilah menambahkan, pihaknya tidak langsung mengumumkan atau mengumumkan skor nilai ke publik. Pasalnya, langkah ini sudah diatur dalam mekanisme seleksi bahwa KPU RI yang memberikan penilaian.

"Timsel hanya jalankan sesuai presudur. Jadi, tes tertulis ini tidak seperti CAT. Hasilnya, kita timsel tidak mengumumkan, nanti KPU RI lihat dan memberikan penilaian" Nur Fadhilah.

Lebih jauh, Akademisi FH UMI ini bilang, setelah seleksi tertulis yang dirangkaikan dengan tes wawancara ini, keesokan harinya kembali digelar tes psikolog.

Namun, kata Nur Fadhilah, sampai saat ini belum ada lokasi pasti tempat di mana tes psikologi berlangsung.

"Hal ini dikarenakan KPU Pusat yang menentukan. Jika berkaca pada seleksi tahun sebelumnya digelar di Fakultas Psikologi UNM. Namun, kali ini kabarnya dipindahkan ke tempat lain," ucapnya.

Untuk tes tertulis, sebanyak 70 calon komisioner ikut. Mereka terdiri dari 35 orang dari anggota dan ketua KPU di 24 Kabupaten/kota serta Provinsi. Estimasinya 4 orang dari KPU petahana di tingkat Provinsi dan 31 orang dari KPU/Kab/kota.

Selain itu, anggota dan Ketua Bawaslu Kabupaten/kota 9 orang. 2 orang dari Bawaslu Provinsi dan 7 orang dari Bawaslu Kab/kota. Sedangkan sisanya calon berasal dari latar belakang berbeda. Profesional, praktisi hukum, PNS, Dosen/Guru, dan wisaswasta. (Suryadi/B)

  • Bagikan