Kakanwil Kemenkumham Babel Hadiri Gema “War On Drugs”

  • Bagikan

PANGKALPINANG, RAKYATSULSEL - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto hadiri Gema “War on Drugs” di Gedung Tribrata Polda Babel, Selasa (7/3).

Gema “War on Drugs” merupakan rangkaian HUT Badan Narkotika Nasional (BNN) RI ke-21 yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia secara virtual. Kegiatan ini dicatat sebagai Rekor Muri untuk peserta terbanyak dalam menyanyikan lagu Mars BNN secara serentak, yang dipimpin oleh Kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Founder Rekor Muri, Jaya Suprana mengatakan jika Muri menyatakan dan mengukuhkan dalam acara Gema “War On Drugs”, menyanyikan lagu Mars BNN serentak di seluruh Indonesia bersama seluruh elemen bangsa menjadi rekor dunia peserta terbanyak perang melawan narkoba.

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol M Z Muttaqien dalam pers conference mengatakan jika Gema “War On Drugs” diikuti oleh sekitar 3,6 juta orang dari seluruh Indonesia. Di wilayah Bangka Belitung diikuti 15.567 orang, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dari SD, SMP, SMA, dan Madrasah, yang ikut menyemarakkan gelaran ini.

Muttaqien menyampaikan, dalam penanggulangan narkoba, ada 4 strategi yang dilakukan. “Yaitu pertama soft power approach (melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat, dan rehabilitasi), lalu kedua hard power approach (melalui pemberantasan), kemudian smart power approach (melalui pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi), dan terakhir cooperation (melalui kerja sama),” ujarnya.

Lebih lanjut, Muttaqien mengatakan bahwa saat ini sudah ada program IKAN (Integrasi Kurikulum Anti Narkoba) di Sekolah. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan narkoba bagi anak pada jenjang sekolah TK hingga SMA.

Menurut Muttaqien Implementasi Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024, telah dilaksanakan di semua lini, baik TNI, POLRI, DPRD, Hakim, Jaksa, dan Lapas.

Beberapa Lapas di Bangka Belitung juga sudah dicanangkan sebagai Lapas Bersinar (Bersih dari Narkoba). Ini merupakan bentuk komitmen jajaran Kemenkumham Babel dan BNNP Babel dalam memerangi narkoba. "Harapannya, Bumi Serumpun Sebalai ini dapat bersih dari narkoba,” lanjut Muttaqien.

Hadir langsung di Gedung Tribrata Polda Babel, yaitu Ketua DPRD Provinsi Babel, Herman Suhadi, Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra, Ka BNNP Babel, Brigjen Pol M Z Muttaqien, dan Kabinda Babel, Imam Santoso.

Kemudian Kepsta RRI Babel Iwan, Ka TVRI Babel, Sriwidayat, Kakan Kesehatan Pelabuhan, Bangun Cahyo Utomo, Kabid Brantas BNNP Babel , Kombes Pol Dinnar, Kalapas Narkotika Pangkalpinang, Nur Bambang, KaBNNK, Noer Wisnanto, serta KasIntel Rem, Kol Inf Seprianizar. (*)

  • Bagikan