Wabup Selayar Buka Secara Resmi Rapat Pleno TPAKD Tahun 2023

  • Bagikan

SELAYAR, RAKYATSULSEL – Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH., membuka secara resmi Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2023, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (8/3/2023).

Rapat pleno TPAKD ini dalam rangka evaluasi program kerja TPAKD Tahun 2022, dan rencana program kerja TPAKD Tahun 2023.

Rapat pleno tersebut diselenggarakan oleh TPAKD Pemkab Kepulauan Selayar kerja sama dengan TPAKD Pemprov Sulsel, OJK, BI, serta OJK regional 6 Sulampua.

Selain Wakil Bupati Kepulauan Selayar, rapat pleno yang dilasanakan secara virtual ini dihadiri oleh Karo Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Sulsel Dr. H. Hijir Ismail Adnin Rasyad, Kepala OJK Regional 6 Sulampua Darwisman, Deputi Direktur Manajemen Strategis, dan Kemitraan Pemerintah Daerah Bondan Kusuma, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel Sakti Arief Wicaksono, serta para pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Wabup Saiful Arif berharap program TPAKD dapat memberikan Outcome bagi masyarakat dan mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah daerah, terutama dalam pengembangan potensi unggulan dan sektor prioritas pembangunan di daerah. Menurut Wabup program TPAKD telah lahir dan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan ekonomi daerah (local content).

“Mengingat besarnya manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat, maka pada kesempatan ini saya mengajak segenap anggota TPAKD agar dapat melaksanakan program kerja secara terukur dan berkelanjutan. Dan yang paling terpenting adalah sejalan dengan indikator-indikator yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat serta dapat bekerja dengan baik dan aktif dalam mendukung pemulihan ekonomi Kabupaten Kepulauan Selayar maupuin nasional,” kata Saiful Arif.

Dirinya juga mengajak agar para anggota TPAKD dapat bekerja keras, cerdas dan bekerja ikhlas dalam membangun Kabupaten Kepulauan Selayar. Menurutnya keberhasilan program yang dilaksanakan tidak terlepas dari adanya dukungan dan keterlibatan dalam menyusun dan mengevaluasi program kerja TPAKD, serta rencana program kerja TPAKD kedepan dapat dikembangkan lebih baik lagi.

Sebelum menutup sambutannya, Saiful Arif memberikan arahan berkaitan dengan kegiatan dan pelaksanaan tugas TPAKD.

Saiful Arif berharap TPAKD Selayar dapat menjalankan empat peran mendasar dalam peningkatan akses keuangan di masyarakat. Yang pertama, TPAKD sebagai fasilitator diminta menciptakan kondisi yang baik untuk peningkatan akses keuangan di masyarakat. Yang kedua, sebagai regulator perlu menyiapkan arah dan kebijakan. Ketiga sambung Saiful bahwa TPAKD berperan sebagai dinamisator yaitu menggerakkan partisipasi semua unsur yang ada dimasyarakat, serta arahan keempat, TPAKD sebagai koordinator, diminta mengintegrasikan program-program berbasis peningkatan akses keuangan melalui mekanisme perencanaan partisipatif.

Sebagai informasi, rapat pleno tersebut dimoderatori oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kepulauan Selayar Ir. H. Arfang Arief. (Humas Diskominfo Sp/Im)

  • Bagikan