Unhas-Kementerian PUPR Jajaki Kerjasama KKN Tematik

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim Pengelola Kuliah akerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) bersama Wakil Rektor I, Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Kamis (9/3/2023), bertempat di Hotel Holiday Inn Bandung.

"Penjajakan kerja sama dalam rangka pelaksanaan kegiatan KKN Tematik PUPR. Yang mana Unhas menjadi salah satu Universitas di kawasan timur yang mendapatkan kepercayaan dari Kementerian PUPR untuk melaksanakan kegiatan KKN Tematik tersebut bersama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin.

Penandatangan kerja sama tersebut masing-masing dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidan Akademik dan Kemahasiswaan Unhas sementara dari Pihak Kementerian PUPR dihadiri oleh Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya Ibu Ir Dian Irawati.

Sementara dari pihak tim pengelola KKN Unhas yang hadir adalah Ketua Pengelola KKN Muhammad Kurnia didampingi oleh Dr Ir M Yahya Sirajuddin yang juga Direktur Perencanaan Unhas yang sekaligus menjadi koordinator program & A Lukman Irwan sebagai Dosen Pendamping KKN.

Prof drg Ruslin, menyampaikan terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian PUPR ke pihak Unhas untuk bermitra dalam pelaksanaan program-program yang ada di Kementerian PUPR.

"Sehingga kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak peningkatan kualitas dan mutu capaian yang bisa dirasakan lansung oleh masyarakat dari program yang telah dan sedang dilaksanakan oleh pihak Kementerian PUPR," ucapnya.

Pada kesempatan ini Wakil Rektor I Unhas ini juga menyampaikan harapan agar kedepannya program KKN tematik PUPR ini dapat berkembang pelaksanaannya dengan jangkauan yang lebih besar.

Sedangkan, Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya Ir Dian Irawati, mengharapkan bahwa kerjasama ini kedepannya bukan hanya dalam pelaksanaan KKN Tematik tapi juga melaksanakan riset bersama antara Kementerian PUPR dan Unhas.

"Kami berharap program KKN tematik ini menjadi langkah awal untuk kegiatan kolaborasi yang lebih besar bersama Unhas kedepannya," harapnya.

Menurut Ketua KKN Unhas Muh Kurnia, bahwa program KKN Tematik PUPR ini merupakan program kemitraan antara Kementerian PUPR dan Universitas Hasanuddin dalam rangka evaluasi dan monitoring program-program yang telah ada.

"Serta sedang dijalankan oleh Kementerian PUPR khususnya dikawasan Kab/Kota di Sulawesi Selatan," singkatnya.

Sementara itu Dr M Yahya Sirajuddin yang juga adalah koordinator pelaksanaan KKN Tematik ini menyampaikan bahwa sebelum penandatangan PKS ini sebelumnya telah diawali dengan kunjungan dan pertemuan bersama pihak kementerian untuk merumuskan apa-apa saja yang menjadi cakupan kegiatan KKN Tematik PUPR ini dan bagaimana peran para pihak.

Menurut Yahya Sirajuddin bahwa pihak pengelola KKN Unhas sangat berterima kasih atas dukungan luar biasa dari pihak Kementerian PUPR yang bersedia menyiapkan dukungan pendanaan untuk kegiatan pembekalan dan pelaksanaan program kerja bagi para peserta KKN dan juga dukungan anggaran untuk kunjungan bagi para dosen pendamping KKN ke lokasi nantinya. "Yang mana kegiatan ini akan dilaksanakan pada periode KKN bulan Juni-Agustus 2023 nanti," ungkapnya. (yadi/B)

  • Bagikan