Kalapas dan Karutan di Babel Ikuti Pembukaan Kegiatan HUT ke-59 Pemasyarakatan

  • Bagikan

BANGKA BELITUNG, RAKYATSULSEL – Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto dan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Zoom Meeting Pembukaan kegiatan olahraga Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59, Sabtu (11/3).

Acara tersebut dilaksanakan di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, dan ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Humas Ditjen Pemasyarakatan.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly yang membuka kegiatan. Dalam acara “National Inmate’s Sports Day” tersebut diisi dengan berbagai pertunjukan, mulai dari Lomba Bakiak, Balap Karung, Mini Soccer hingga Crazy Bamboo Games.

Menkumham Yasonna dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para tamu dan para duta besar dari 43 negara sahabat yang hadir.

Yasonna berharap kegiatan pembukaan ini dapat memperlihatkan bahwa para WBP Indonesia mendapatkan berbagai pembinaan dan pelatihan, sehingga mampu menguasai berbagai keahlian dan juga keterampilan.

Keterampilan tersebut seperti kerajinan tangan, yang dapat menghasilkan produk-produk berkualitas dan juga berbagai keterampilan olahraga.

Menurut Yasonna, kegiatan ini membawa pesan besar kepada dunia bahwa narapidana layak diperlakukan sebagai manusia, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti orang lain. Meskipun terkurung oleh dinding Lapas.

“Kami melalui Ditjen Pemasyarakatan berupaya untuk memberikan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan selama masa tahanan, sehingga nantinya setelah bebas para warga binaan mampu kembali ke masyarakat, menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” ujar Yasonna.

Yasonna menambahkan, hasil dari pelatihan tersebut seperti hasil karya dan kemampuan WBP dapat dilihat dalam kegiatan pembukaan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 hari ini.

Seusai sambutan dari Menteri Hukum dan HAM, kegiatan dilanjutkan pelepasan balon udara menandakan pembukaan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59.

Selanjutnya dilanjutkan pertandingan sepak bola mini yang diikuti oleh para duta besar negara sahabat. Para dubes tersebut juga ikut bermain Bambu Gila (Crazy Bamboo Games).

Para duta besar yang hadir yaitu perwakilan Negara ASEAN, Mesir, Venezuela, U.E.A, Saudi Arabia, Tunisia, Qatar, Ukraina, Thailand, Kroasia, Korea Utara, Seychelles.

Lalu hadir juga duta besar Nigeria, Italy, Hungaria, Armenia, Marocco, Kenya, South Africa, Pakistan, Armenia, Marocco, Dominika, Nigeria, Nederland, Singapore, Sudan, Jerman dan Negara Mozambique. (*)

  • Bagikan