UMI Wisuda 2.631 Alumni, Termasuk Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Kepala LLDikti Wilayah IX

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mengukuhkan 2.631 alumni pada wisuda periode pertama tahun 2023, di Hotel Claro Makassar, Minggu (12/3/2023).

Wisuda tahun ini berjalan khidmat. Ada dua tokoh ikut salam prosesi wisuda dan merupakan alumni UMI. Mereka adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakanta, Ahmad Riza Patria dan
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultan Batara), Andi Lukman.

Mantan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, lebih dikenal dengan nama Ariza adalah seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 15 April 2020 hingga 16 Oktober 2022. Ia merupakan alumni di Profesi Insinyur pada FTI UMI tahun 2023.

Sedangkan Andi Lukman juga Kepala LLDikti IX, alumni program studi Doktor pada ilmu Manajemen PPs UMI Makassar 2023. Ia juga tercatat dalam lembaran secara bahwa pertama terjadi Kepala Lembaga yang membahwahi PTS di Indonesia Timur itu menyelesaikan studi doktor di IMI. Tahun sebelumnya, yang duduk di jabatan tersebut berstatus guru besar alias Profesor.

Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding menyampaikan secara keseluruhan mengikuti wisuda periode pertama tahun 2023 sebanyak 2.631 orang.

"Wisuda periode pertama 2.631 orang. Terdiri dari diploma III sebanyak 18 orang, S1 sebanyak 2001 orang, Profesi 341 orang, magister 225 orang, doktor 46 orang," ujarnya saat memberikan pidato luar biasa pelepasan mahasiswa berstatus alumni.

Mantan Direktur PPs UMI itu menjeskan, prosesi wisuda atau Takhrij Thalabat dihelat selama dua hari. Untuk hari pertama Minggu 12 Maret, berjumlah 1.284 orang. Dan hari kedua Senin tanggal 13 sebanyak 1.347 orang.

"Dengan demikian. Jumlah alumni sebnhak 124.332 orang. Mereka berkarir di berbagai sektor. Baik di dalam dan luar Negeri," jelasnya.

Ia menambahkan, komitmen dan konsistensi UMI dalam pengembangan terus digaungkan. Sejau ini dengan prestasi yang diraih. Apalagi UMI kembali meraih akreditasi unggul yang kedua kali di tahun 2023 ini.

Selain itu, ia memaparkan bahwa posisi UMI berada pada PTN/PTS dengan posisi peringkat ke 92 se-Indonesia. UMI juga meraih penghargaan LLdikti IX Award.

Tentu saja, pencapaian ini adanya kebersamaan, manajemen jamaah. Yayasan hingga Rektorat, PPs dan Fakuktas berperan aktif di dalamnya.

"Di erah saat ini bukan hanya dibutuhkan IPK, namun kemampuan skill yang utama dan berkreasi dan inovasi," pungkasnya.

Sedangkan, kepada LLDikti wilayah IX Sultan Batara, Andi Lukman, sejau ini UMI mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dimana meskipun suasana covid-19, tetapi tetap sukses dalam mengahadapi kondisi tersebut.

"Sejau ini UMI mengalami kemajuan signifikan. Meskipun momentum pandemi, tapi UMI lakukan wisuda hari ini," katanya.

Ia juga memuji UMI yang menjadi kampus andalan LLDikti qilayah IX dan juga kampus terbaik di luar pulau Jawa. Hal ini dikarenakan proses akademik maupun manajemen sesuai dengan perkembangan saat ini.

Ia meminta mahasiswa dan masyarakat agar berbangga menjadi bagian dari alumni di kampus UMI, karena dirinya saja menduduki jabatan LLDikti alumni dari kampus UMI.

"UMI PTS kebanggaan LLDikti IX. Bapa ibu jangan sia-siakan peluang ini. Kepqla LL Dikti saja di UMI, apalagi yaang lain," tuturnya.

"Saat ini 60 persen guru besar di LLDikti dari UMI. Kita bangga bagian dari alumni UMI. Harapan kita pada semua, apa kita dapatkan ilmu bermanfaan, keterampilan untuk masa depan," sambungnya. (*)

  • Bagikan