Anggaran Pilgub Sulsel Rp 408 Miliar

  • Bagikan
ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tim kecil di bawah koordinasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sulsel bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Sekretaris daerah se-Sulsel melakukan pertemuaan lanjutan terkait logistik penunjang pemilu dan pilkada 2024 di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (13/3/2023) malam.

Dalam rapat tersebut, meskipun membahas komponen logistik dan item-item penunjang. Namun, terungkap anggaran Pilgub Sulsel 2024 juga telah disetujui.

Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Logistik KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi mengatakan meskipun rapat tersebut hanya fokus pada komponen penunjang.

Namun, pihaknya juga telah menyampaikan rasionalisasi anggaran Pilgub 2024 yang masuk dalam Rancangan anggaran Belanja (RAB) telah dibahas berulang kali bersama TAPD Pemprov dan tim kecil yang sudah dibentuk Pemprov.

"Anggaran Pilgub 2014, kita ajukan Rp 408 miliar totalnya. Angka itu berdasarkan rasionalisasi dan item-item yang ada," jelasnya.

Akademisi UIN Alauddin itu menuturkan bahwa sejauh ini pihaknya sudah berulang kali membahas pengajuan anggaran bersama Pemprov. Hasilnya, beberapa kali mendapat penurunan nilai nominal.

Syarifuddin bilang, sejak rancangan usulan awal anggaran pilgub di KPU misalnya, pada usulan awal rancangan kisaran Rp 600 miliar lebih. Setelah pertemuan pertama sebelum bulan puasa 2022 berkurang menjadi Rp 415 miliar dengan alasan pilkada dan Pilgub 2024 digelar bersamaan atau serentak dengan kabupaten/kota.

Pertemuan kedua, kata dia, setelah Idulfitri tahun lalu, Pemprov memotong lagi anggaran usulan KPU menjadi Rp 406 miliar lebih dengan dalil Alat Pelindung Diri (APD) ditanggung Pemprov.

"Namun, pertemuan ketiga. KPU mendapat kembali tambahan anggaran menjadi Rp 408 miliar lebih dengan alasan peningkatan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kebutuhan dampak inflasi. Ini maaih disepakati sementara, kedepan belum ditau, bisa berubah lagi," jelasnya. (Suryadi/B)

  • Bagikan

Exit mobile version