Lawan Persita, PSM Jaga Rekor Kemenangan

  • Bagikan
Para pemain PSM Makassar merayakan gol.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pertemuan Persita Tangerang vs PSM Makassar akan tersaji pada pekan 30 Liga 1 2022/2023 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (13/3), pukul 16.00 wita.

Laga Persita Tangerang vs PSM Makassar diprediksi akan berlangsung sengit. Mengingat Persita Tangerang dan PSM Makassar saat ini sedang dalam misi menjaga rekor unbeaten alias tak terkalahkan.

Tim tuan rumah Persita Tangerang hingga pekan 29 Liga 1 2022/2023 belum terkalahkan dalam 8 laga terakhir mereka.

Skuad berjuluk Pendekar Cisadane membukukan 2 kemenangan dan 6 hasil imbang. Pada pekan 29 Liga 1 2022/2023 Persita menahan imbang Bali United dengan skor 1-1. Alhasil posisi Persita Tangerang di klasemen Liga 1 mulai membaik. Saat ini Persita Tangerang bercokol di peringkat 9 klasemen Liga 1 dengan 37 poin.

Rekor tak kalah hebatnya diraih tim tamu PSM Makassar. Saat ini PSM Makassar mencatatkan 9 kemenangan beruntun. Rekor kemenangan beruntun PSM Makassar ini menyamai torehan Bali United pada musim sebelumnya.

Dengan rentetan kemenangan itu PSM Makassar melaju kencang meninggalkan dua pesaingnya, Persib Bandung dan Persija dalam upaya perburuan gelar juara Liga 1 2022/2023. Skuad PSM Makassar kian nyaman di puncak klasemen Liga 1 saat ini dengan 65 poin.

Tim asuhan Bernardo Tavares pastinya ingin kembali membukukan kemenangan ke-10 secara beruntun demi bisa semakin dekat dengan gelar juara Liga 1 musim ini.

PSM Makassar tinggal membutuhkan 3 kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara Liga 1 2022/2023. Maka sudah sepatutnya Persita Tangerang mewaspadai PSM Makassar di pekan 30 Liga 1 nanti.

Kabar baik datang ke kubu PSM Makassar jelang bersua Persita Tangerang sore nanti. Skuad PSM Makassar dipastikan akan kembali bermain full tim. Dua pemainnya yang membela Timnas U-20 di ajang Piala Asia U-20 sudah kembali bergabung.
Kedua pemain tersebut yakni Dzaky Asraf dan Sulthan Zaky. Terkhusus Dzaky Asraf, pemain berusia 19 tahun merupakan pemain reguler yang kerap dimainkan sebagai starting.

Posisi sebagai bek sayap tak tergantikan sehingga Bernardo Tavares pun cukup senang ia kembali ke skuad PSM Makassar.

Tak hanya itu, dua pemain PSM Makassar yang sebelumnya absen akibat sanksi akumulasi kartu kuning juga dipastikan kembali bermain kontra Persita Tangerang. Keduanya yakni Yuran Fernandes dan Erwin Gutawa.

Kokohnya pertahanan PSM Makassar musim ini tak terlepas dari adanya sosok Yuran Fernades di lini belakang.
Bahkan Yuran Fernandes tercatat sebagai pemain belakang paling produktif mencetak gol di Liga 1 2022/2023.

Saat ini Yuran Fernandes sudah mengoleksi 5 gol untuk PSM Makassar.
Sementara Erwin Gutawa juga menjadi bagian penting dalam kebangkitan PSM Makassar di putaran kedua usai ditekuk Persija Jakarta. Kemenangan beruntun PSM Makassar dalam 9 laga terakhir juga tak terlepas dari perang penting Erwin Gutawa.

Pengamat sepakbola Assegaf Razak meminta Wiljam Pluim dan kawan-kawan agar tak kehilangan poin di laga ini. Hal tersebut dilakukan agar PSM Makassar terus menjaga jarak dari pada pesaingnya yakni Persib Bandung dan Persija Jakarta.

“PSM kalau dilihat performanya terus meningkat. Itu yang harus terus dijaga,” kata Assegaf.

“Yang penting jangan kehilangan poin, tapi saya rasa PSM mampu untuk terus meraih poin di setiap laga,” tambahnya.

Assegaf meyakini strategi yang saat ini diterapkan oleh pelatih Bernardo Tavares. Pelatih asal Portugal itu berupa terus menjaga konsitensi, semangat, dan motivasi para anak asuhnya.

“Pesaing PSM ini kalah semua di laga kemarin yang membut PSM sudah menjauh. Sisa menjaga konsistensi di sisa enam pertandingan ini,” ujar Assegaf.

Sementara itu, kelompok suporter PSM Makassar yang bermukim di sekitara wilayah Jabodetabek mengaku akan memberikan dukungan penuh. Ketua Suporter PSM Jabodetabek/GuePSM, Rio Verieza berharap PSM mampu menyapu bersih kedua laga tandang ini dengan hasil maksimal.

“Kami juga berkomitmen dengan tim PSM Makassaar dengan mengeluarkan kekuatan penuh mendukung langsung di stadion,” ujar Rio.

Dirinya juga berharap, suporter PSM yang lain bisa bergabung dengan dirinya dan suporter yang lain untuk mendukung Pluim Cs berlaga di kandang lawan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang hadir dari luar yang bisa saja menjadi penghalang PSM Makassar meraih gelar juara.

“Kita harap suporter juga bisa datang langsung ke stadion untuk mendukung tim kebanggaan ini. Kita antisipasi dan berharap tidak ada faktor-faktor dari luar yang mempengaruhi nantinya PSM gagal juara,” kata Rio.

Mumpung PSM Makassar berlaga di wilayah Jabodetabek, dirinya mengaku akan memberikan dukungan dan pengalawan penuh di laga-laga tersebut.

“Mumpung karena PSM sedang berlaga di Jabodetabek jadi kita akan kawal dengan kekuatan penuh,” imbuh dia.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengatakan tak puya persiapan khusus menghadapi Persita Tangerang. Dia meminta para pemian fokus memulihkan stamina karena jeda pertandingan hana tiga hari.

"Pertandingan kemarin mungkin tidak bagus, tapi pemain adalah manusia bukan robot. Saat pertandingan lawan Persikabo banyak kesalahan terutama saat mengambil keputusan," ujar Bernardo.

Tavares mengakui Persita tim yang tangguh dengan laga delapan kali tak pernah kalah.

"Kalau mau hasil yang maksimal, maka pemain harus lebih bermain bagus," ujar dia.

Selain menargetkan kemenangan, Tavares juga meminta pengadil lapangan netral dalam memimpin pertandingan. (Fahrul/B)

  • Bagikan