Partai Harap Cemas Tampil Optimal di Basis Minoritas

  • Bagikan
ilustrasi

Sebagai nahkoda PKS Sulsel, pihaknya akan mengumpulkan pengurus PKS Tana Toraja dan Toraja Utara dalam waktu dekat ini untuk melihat seperti apa kesiapan menghadapi kontestasi politik 2024 nanti.

"Semua bakal calon kita kumpulkan di Toraja Raya kita gabung Tana Toraja dan Toraja Utara untuk persiapkan Pemilu 2024," jelasnya.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Tana Toraja terus menggencarkan rekrutmen kader di seluruh kecamatan di daerah itu.

Selain merekrut kader baru, partai besutan almarhum KH Abdurahman Wahid atau Gusdur tersebut juga tetap berupaya menjalin koordinasi dengan kader-kader lama.

"Pembentukan pengurus sudah berjalan tinggal menambah kader atau anggota partai. Karena bagaimanapun, politik itu memang membutuhkan banyak orang," ujar Ketua DPC PKB Tana Toraja, Yudha Pabutungan.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin, Sukri Tamma menjelaskan, pemilu serentak akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. Tapi partai berbasis islam seperti PKB, PKS, PPP dan Partai Ummat masih sulit meraih kursi di Tana Toraja dan Toraja Utara.

"Jika kita berfokus pada pileg level DPRD kabupaten, maka jika melihat kecenderungan yang ada, mungkin peluang partai berbasis Islam untuk mendapatkan suara agak sulit," ucapnya.

"Karena masih cukup kuatnya pemahaman tentang kristen yang diidentifikasikan sebagai bagian dari identitas umum masyarakat pada dua daerah itu," sambung Sukri.

  • Bagikan