Lewat Porseni, KKN STIH Pengayoman Bone Berinteraksi Langsung Masyarakat

  • Bagikan
Mahasiswa STIH Watampone dan Warga Foto Bersama

BONE, RAKYATSULSEL - Kehadiran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Pengayoman Watampone di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone memberikan warna tersendiri bagi masyarakat.

Pasalnya, para mahasiswa KKN STIH Pengayoman Watampone Angkatan XXI tahun 2023 ini selalu berusaha maksimal dalam berinteraksi langsung dengan masyarakat dan pemerintah setempat, demikian pula kepada TNI-Polri

Dalam sepekan terakhir ini, mahasiswa KKN STIH Pengayoman Watampone menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) sebagai upaya untuk mewujudkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku perkuliahan.

Koordinator Kecamatan (Koorcam) KKN STIH Pengayoman Watampone di Kecamatan Barebbo, Andika menjelaskan, salah satu tujuan Porseni dilaksanakan adalah untuk membangun komunikasi dan memaksimalkan sinergitas serta membina hubungan silaturahmi antara mahasiswa dengan semua elemen, khususnya masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Barebbo.

Lanjutnya, kegiatan Porseni yang bertema, Membangun semangat persaudaraan antar mahasiswa dan masyarakat, dilaksanakan selama sepekan dengan harapan semua mahasiswa dan masyarakat bisa terinspirasi untuk selalu menjadikan waktu mereka lebih efektif dan efisien untuk meraih cita-cita mereka di masa mendatang.

"Porseni ini akan berlangsung selama seminggu dengan mempertandingkan cabang olahraga seperti, sepak bola mini, volly putra dan putri, sepak takraw dan bulutangkis Ganda Putra dan Ganda Campuran," ujar Andika, Kamis (16/3).

"Adapun untuk Senin, yakni lomba karaoke solo, cerdas cermat, dan drama keluarga sadar hukum (kadarkum). Pembukaan Porseni dilaksanakan kemarin, Rabu (15/3)," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Ketua P2 KKN STIH Pengayoman Watampone Muhammad Fajri. Bahkan ia menjelaskan KKN adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bersama masyarakat, mengidentifikasi potensi, dan menangani masalah, sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi masyarakat dan meramu solusi dari masalah di masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan KKN, mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam banyak aspek, termasuk perekonomian. Membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat," jelas Muhammad Fajri.

Sementara itu, Camat Barebbo Faidah dalam sambutannya saat membuka Porseni KKN STIH Pengayoman Watampone Angkatan XXI tahun 2023 ini mengharapkan agar kegiatan KKN dapat dijadikan ajang sebagai penyampai pesan maupun tempat sosialisasi, khususnya terkait dengan hukum.

"Masyarakat kita masih banyak yang kurang memahami akan hukum sehingga mudah terkena hukuman. Olehnya itu, dengan Porseni ini dapat menjadi sosialisasi pula tentang hukum agar masyarakat dapat mengenal hukum dan menjauhi hukuman," ujar Faidah. (Enal/A)

  • Bagikan