“Adibangsa, Adiwangsa” Jadi Slogan Kongres Bahasa Indonesia XII Tahun 2023

  • Bagikan
Diseminasi Pencanangan Tahun KBI XII di Jakarta, pada Senin, (20/3).

Selanjutnya, subtema kedua, “Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia”, membahas literasi pada era digital; bahan ajar literasi; pengukuran kecakapan literasi dalam bahasa Indonesia; peran masyarakat dalam penguatan literasi; serta pemartabatan bahasa negara di ruang publik. Subtema ini akan diisi oleh Najwa Shihab sebagai pembicara utama.

Kemudian, subtema ketiga, “Internasionalisasi Bahasa Indonesia”, mencakup optimalisasi diplomasi bahasa Indonesia melalui Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); optimalisasi peran perwakilan, mitra kerja, dan diaspora Indonesia di luar negeri dalam internasionalisasi bahasa Indonesia; optimalisasi peran kementerian dan lembaga di dalam negeri dalam internasionalisasi bahasa Indonesia; peran sastra dan budaya dalam diplomasi bahasa; serta penerjemahan sebagai strategi diplomasi bahasa Indonesia. Pembicara utama pada subtema ini yaitu Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi.

Kegiatan Kongres Bahasa Indonesia XII
Kongres Bahasa Indonesia XII akan diselenggarakan pada 26 s.d. 28 Oktober 2023 di Jakarta, dengan puncak acara kongres pada 28 Oktober 2023. Metode pelaksanaan kongres akan diselenggarakan secara hibrida.

Kegiatan KBI XII meliputi berbagai tahapan yaitu, pendaftaran pemakalah dan peserta, pengumuman pemakalah terpilih dan peserta terpilih, diseminasi kebahasaan dan kesastraan, pameran virtual, kelas mahir, dan persidangan. Pendaftaran pemakalah dibuka dari tanggal 16 Januari hingga 2 Mei, sedangkan pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 16 Januari hingga 2 Juli. Selain itu, diadakan pula kegiatan diseminasi kebahasaan dan kesastraan pada bulan Maret hingga September. Diseminasi ini akan mencakup berbagai kegiatan, seperti seminar, diskusi, dan lokakarya (workshop) yang akan membahas berbagai topik tentang kebahasaan dan kesastraan.

Pada bulan September hingga Oktober juga akan diselenggarakan Kelas Mahir sebagai program pelatihan intensif bagi para profesional di bidang kebahasaan. Program Kelas Mahir ini diharapkan menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi para profesional di bidang kebahasaan untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka.

Ada dua bidang yang akan dilatihkan dalam Kelas Mahir, yaitu Leksikografi Korpus dan Linguistik Forensik. Narasumber pada Kelas Mahir Leksikografi Korpus adalah Michael Rundell, pekamus dan penulis buku The Oxford Guide to Practical Lexicography; Miloš Jakubíček, CEO of Lexical Computing; dan Vojtěch Kovář, Direktur Teknik Sketch Engine. Sementara itu, narasumber pada Kelas Mahir Linguistik Forensik adalah E. Aminudin Aziz, Tahmineh Tayebi, pengajar Linguistik Forensik di School of Social Sciences and Humanities dan Aston Institute for Forensic Linguistics; serta perwakilan dari Universitas Aston.

  • Bagikan