Bandara Kertajati Siap Melayani Penerbangan Haji 2023

  • Bagikan
Foto bandara kertajati

Menhub Budi menyatakan ketersediaan slot penerbangan di Bandara Kertajati juga masih sangat banyak yang bisa dimanfaatkan untuk melayani penerbangan umrah pada masa Lebaran 2023.

"Sepuluh hari menjelang Lebaran biasanya banyak jemaah yang ingin berangkat umrah. Di Bandara Kertajati ini slot-nya unlimited, jadi, bisa kita terima berapa pun," ungkap Budi.

Selain itu, dia menambahkan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menyatakan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan mulai beroperasi pada pertengahan April mendatang, yang diharapkan makin melancarkan pergerakan masyarakat dari dan ke Bandara Kertajati.

Dia menagatakan dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu, waktu tempuh Bandung ke Kertajati maupun sebaliknya kurang lebih satu jam

"Kami harapkan Bandara Kertajati akan makin hidup, Tol Cisumdawu makin ramai, dan masyarakat di sekitar Subang yang akan menuju bandara maupun sebaliknya makin nyaman karena aksesibilitasnya makin mudah," kata Budi.

Pihak pengelola bandara, baik Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di sisi darat, maupun Angkasa Pura II di sisi udara, menyatakan segala fasilitas di sisi darat dan udara telah siap sesuai dengan yang disyaratkan Kementerian Agama dan Pemerintah Arab Saudi.

Sejumlah fasilitas yang disiapkan, yakni area parkir pesawat yang mampu menampung hingga 22 pesawat, area terminal penumpang, parkir kendaraan, mushala, ruang penyimpanan barang berharga, AC, CCTV, stok bahan bakar, dan fasilitas lainnya. (antara/jpnn)

(JPNN)

  • Bagikan