Rossa Pratiwi Calon Kemenpora Harus Bertindak Lokal berpikir Global

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menpora dari Kalangan Muda, Terus menjadi perbincangan usai Zainudin Amali mundur sebagai menteri. Nama pengganti Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) terus menjadi perbincangan.  Hal ini karena Amali telah menjadi Wakil Ketua PSSI. 

Sekretaris Jenderal Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI) Periode 2022-2023 Rossa Pratiwi mengatakan bahwa pengganti posisi kemenpora mendatang sudah pasti dari generasi muda sebagaimana keinginan Presiden Jokowi. Namun catatan kritis yang seharusnya direspon adalah pentingnya sosok muda yang mampu menjaga dialektika zaman.

“Pemuda Indonesia cenderung menginginkan kemajuan dipimpin oleh tokoh pemuda memang adalah keharusan. Apalagi yang mampu memahami aktivitas anak muda hari ini. Tapi toh tidak banyak sosok muda yang memiliki dasar kebudayaan yang kuat untuk mampu menjaga ambang batas antara globalisasi dan local wisdom,” kata Rossa Pratiwi.

Partai Golongan Karya yang telah mengusung 3 kandidat pengganti Menpora, Namun perdetik ini, Jokowi mengaku belum memutuskan pengganti Zainudin Amali meskipun sudah diusulkan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Hal ini juga dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Paulus. Ia mengatakan Airlangga sudah menyerahkan tiga nama ke Istana Kepresidenan. Ketiga orang yang diajukan, yaitu Putri Komaruddin, Dito Ariotedjo, dan Ilham Permana.

Putri Komaruddin kekinian aktif sebagai anggota Komisi XI DPR RI fraksi Partai Golkar sekaligus Wakil Kepala Bidang Ekonomi dan Keuangan Badan Hubungan Legislatif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Ia juga tercatat sempat berkarier di bidang olahraga.

Kandidat selanjutnya adalah Dito Ariotedjo yang merupakan salah satu tim ahli Airlangga Hartarto di Kementerian. Ia juga memiliki banyak pengalaman di bidang olahraga. Diantaranya, dipercaya menjadi CDM di Youth Olympic Games 2018 oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC) 

Terakhir, ada Ilham Permana yang saat ini menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar. Dalam ranah olahraga, ia kerap menerima jabatan Wakil Ketua Umum II Pengurus Besar Wushu Indonesia.

Meski begitu, mengingat adanya isu reshuffle kabinet, Rossa pratiwi selaku Sekretaris Jenderal Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI), menuturkan perombakan susunan kabinet itu adalah hak presiden sepenuhnya.

Rossa pratiwi pun menyarankan nama di luar dari 3 nama yang diusung partai Golkar, bahwa ada banyak anak muda kompeten yang dapat menopang pemuda

“Sebaiknya demi kebaikan kebaikan, pencarian Menteri Pemuda & Olahraga tidak terbatas oleh 3 pilihan semata, ada banyak nama anak muda potensial yang kita miliki, tapi yang kami highlight itu sosok R.M Ibnu Riza, Ketua Esport tapi masih menjaga utuh Local Wisdom, kita mengakui, tidak banyak dari anak muda yang menjaga adat dan berfikir global, kami anggap itu menarik,” jelasnya. (*)

  • Bagikan