50 Kontraktor Lokal Berburu Proyek Pemprov

  • Bagikan
Kepala Biro pengadaan Jasa (PBJ) Sulsel, Asrul Sani.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Proses pembangunan infrastruktur di Sulsel terus digenjot. Para kontraktor lokal juga dilibatkan dalam proses pembangunan tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sulsel, membuka pintu untuk para kontraktor lokal berkompetisi dalam pengadaan barang dan jasa Pemprov Sulsel dengan melakukan penawarannya melalui E-Katalog.

Kepala Biro PBJ Sulsel, Asrul Sani mengatakan, beberapa proyek milik Pemprov Sulsel akan dikerjakan oleh kontraktor lokal.

Kata dia, untuk proyek yang dikerjakan oleh kontraktor lokal itu, seperti pada perencanaan teknis rehabilitasi jalan ruas batas Gowa-Tondong di Kabupaten Sinjai. Proyek itu dimenangkan oleh kontraktor lokal, yaitu PT Arezmah Multi Konsultan yang berkantor di Jalan Rappocini. "Jadi, beberapa tender jalan itu akan dikerjakan oleh kontraktor lokal," ucapnya, Jumat (24/3/2023).

Ia membeberkan, saat ini para kontraktor lokal yang menawarkan jasa dan ingin berpartisipasi dalam pembangunan Sulsel itu cukup antusias. "Saat ini ada kurang lebih 50 kontraktor yang menawarkan jasanya di E-Kalatog," sebutnya.

Diketahui, E-Katalog adalah aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), yaitu sebagai aplikasi penyedia berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Asrul Sani mengatakan jika para kontraktor ingin mendaftarkan diri itu bisa langsung ke kantor PBJ Sulsel untuk dilakukan pendampingan pada proses pengajuan tawaran melalui E-Katalog.

"Kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk para kontraktor lokal, bisa langsung ke Kantor PBJ Sulsel untuk dilakukan pendampingan," ungkapnya.

Ia mengatakan, metode E-Katalog dalam penyediaan jasa yang dibutuhkan oleh pemerintah itu lebih mengedepankan keterbukaan harga. Apa saja yang akan dilakukan pembelajaan barang maupun jasa oleh masing-masing OPD.

Sekadar informasi, beberapa pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog itu, seperti kegiatan pembangunan jalan, jembatan, irigasi serta lainnya dan dapat dikases melalui https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog/komoditas-kldi/D395. (abu/B)

  • Bagikan