Yuk Intip Tips Sehat Selama Puasa Ramadan Ala Dokter Koboi

  • Bagikan
Praktisi Kesehatan, dr. Wachyudi Muchsin SKed, SH, MKes

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Setiap umat muslim ingin menjalankan ibadah puasa ramadan lancar tanpa kendala atau masalah. Apalagi, bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi di pagi hingga siang hari.

Puasa selama bulan Ramadan juga termasuk latihan mental dan fisik. Meskipun setiap orang mempunyai cara berbeda dalam mempersiapkan pikiran dan tubuhnya.

Praktisi Kesehatan, dr. Wachyudi Muchsin SKed, SH, MKes atau akrab disapa Dokter Koboi ini mengatakan, sehat selama puasa ramadan bisa dirasakan oleh setiap individu. Selama mereka dapat mengatur pola makan dan pola tidur.

"Ada tips agar sehat selama menjalankan ibadah ramadan. Saat sahur, perbanyak konsumsi buah, sayur dan air putih serta kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, biar tetap bugar," ujar Dokter Koboi, Sabtu (25/3).

Kemudian, sambung Kabag Humas dan Kerja Sama Universitas Islam Makassar itu, atur pola tidur. Jika harus melakukan persiapan sahur dan bangun di pagi hari. Baiknya hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

"Olahraga ringan selama 15 menit menjelang buka puasa," katanya.

Nah saat berbuka puasa, Dokter Koboi menjelaskan, usahakan konsumsi makanan kaya serat dan sumber energi tinggi seperti buah kurma sebanyak tiga biji. Selain itu, perbanyak sayuran karena itu sumber vitamin dan nutrisi penting.

"Perbanyak minum air putih, minimal delapan gelas saat malam hari. Kemudian, pilih daging tanpa lemak dan ikan tanpa kulit atau makanan yang dikukus atau dipanggang," ujarnya. (*)

  • Bagikan