Presiden Jokowi Diagendakan Resmikan Kereta Api Sulsel

  • Bagikan
Presiden Jokowi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan kereta Api Sulsel pada, Rabu (29/3/2023). Menurut dia, dengan diresmikannya kereta api akan membuat Sulsel mendapatkan perhatian lebih. Itu sebabnya, dia berharap kereta api pertama di Sulsel itu dapat terus beroperasi.

Andi Sudirman menuturkan, dengan adanya peresmian itu, kereta logistik juga segera beroperasi dan juga secepatnya rampung dengan rute Makassar-Parepare.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Muhammad Arafah menyebutkan, persemian kereta api Sulsel ini akan menggunakan gerbong baru. “Kapasitas gerbong 200 lebih untuk 3-4 gerbong. Untuk gerbongnya sudah asli sama kepalanya satu paket,” bebernya.

Dia menyampaikan, Jokowi bakal melakukan peresmian tahap pertama yakni jalur Maros-Barru. "Ini yang mau diresmikan kereta api Makassar-Parepare," ujar ujar Arafah.

Sebelumnya, kereta api Sulsel telah soft launching pada Desember 2022. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang datang langsung pada acara tersebut.

Saat itu, Budi mengatakan, saat grand launching nanti, layanan kereta api mulai dari kereta wisata, kereta penumpang, hingga kereta barang untuk rute Stasiun Mandai-Garongkong sudah rampung.

"Kami akan mengundang Pak Presiden ke sini. Pada saat itu kereta wisata, kereta penumpang, dan kereta barang sudah paripurna," ujarnya. Pelaksanaan grand launching akan dilakukan setelah kereta untuk masyarakat serta kereta barang didatangkan ke Makassar.

Menhub telah melakukan uji coba kereta api Sulsel untuk rute Stasiun Garongkong menuju Stasiun Maros. Dalam kunjungan tersebut, Budi mengapresiasi atas dilaksanakannya soft launching Kereta Api Sulsel rute Stasiun Garongkong-Maros ini. Dia mengatakan bahwa proyek Kereta Api ini sebagai bukti nyata bahwa Kereta Api di Sulsel juga bisa diwujudkan.

"Dari awal Pak Presiden menyampaikan bahwa pembangunan tidak di Jawa saja, tapi juga di luar Jawa. Nah, kali ini kita lagi di Sulawesi, proyek Makassar Parepare kita sudah lakukan soft launching," ujarnya.

"Sebagai bukti nyata bahwa kereta api di Sulsel juga bisa," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Amanna Gappa mengatakan, layanan rute Stasiun Garongkong-Maros ini sudah bisa dinikmati masyarakat setelah uji coba. Namun, dia mengatakan pihaknya masih menunggu arahan untuk waktu rilis layanan kereta api rute Stasiun Garongkong-Maros tersebut. (abu/B)

  • Bagikan