Hari Keterbukaan Informasi Nasional, Bupati Lutim Presentasi di Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023

  • Bagikan
Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kadis Kominfo SP Lutim, H. Hamris Darwis, saat mempresentasikan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Luwu Timur dihadapan tim penilai pada Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023, di Hotel Atria Tangerang, Senin, 27 Maret 2023.

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL - Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Kadis Kominfo SP Lutim, H. Hamris Darwis, Sekdis Kominfo, Kabid IKP dan Humas, Staf Fungsional serta Admin PPID mempresentasikan Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Luwu Timur dihadapan tim penilai pada Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023, di Hotel Atria Tangerang, Senin (27/03/2023).

Presentasi ini bertujuan untuk menggali dan menilai visi dan komitmen pemerintah daerah dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik di daerah masing-masing. Alokasi waktu paparan selama 35 Menit dimana 10 menit presentasi dan 25 menit diskusi dan pendalaman atas materi presentasi.

Bupati Budiman mengawali paparannya dengan menyampaikan gambaran umum Kabupaten Luwu Timur kepada lima orang Tim penilai masing-masing ; Rospita Vicy Paulin (KIP), Gede Narayana (KIP), Benni Irwan (Kemendagri), Giyatno (Kemenkopolhukam) dan Resty Aulia (Kemenpan RB).

Selanjutnya, Bupati memaparkan program prioritas yang sedang berjalan diantaranya ; Bantuan Keuangan Khusus 1 Miliar 1 Desa di luar ADD, 1 Kamar 1 Pasien di RSUD I Lagaligo, Jaminan Kesehatan Warga melalui BPJS (UHC) hingga 95,48 %, Layanan Antar Pulang Pasien pasca berobat di rumah sakit, Pengadaan Mobil Operasional Puskesmas, Pengadaan Mobil Operasional Kepala Desa/Lurah, Bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi dan Kurang Mampu.

Sementara untuk Inovasi Pelayanan Publik, ada City Branding Luwu Timur Inspiring, Padu Padan RTH (Partisipasi Dunia Usaha Dalam Pembangunan dan Penataan Ruang Terbuka Hijau), Jumat berbagi Sedekah Jumat, Penggunaan TTE melalui Aplikasi SRIKANDI, Penggunaan Absensi Digital (SIPATUH) untuk PNS, Rabu sehat, pengunaan baju adat nasional setiap tanggal 10 dan Inovasi "Peduliki, Saya Jagaki".

"Kami juga meraih beberapa Penghargaan seperti 10 Kali Opini WTP dari BPK, Kabupaten Inovatif Tahun 2022, Nilai IPM Tertinggi ke-4 untuk Kabupaten/Kota se Sulsel, Juara II Anugerah Desa Wisata tahun 2022 (Kemenpar), 7 Kali meraih penghargaan Adipura, Kabupaten Informatif Tahun 2022, UHC Award 2022, APBD Award 2022 dan PPKM Award 2022," terang Budiman.

Terkait implementasi keterbukaan informasi publik, Bupati mengatakan, Pemkab Lutim melalui Kominfo telah Penyediaan Sarana gedung PPID yang dilengkapi berbagai fasilitas, Penerbitan Peraturan Bupati Tentang PPID, Pembangunan Portal PPID berbasis web dan Android, Penandatanganan Komitmen OPD dalam Keterbukaan Informasi, penyediaan Jalur disabilitas, pemasangan Wifi di area publik, pada 11 kecamatan dan Kolaborasi dengan Media Massa, KIM dan pegiat literasi untuk penyebarluasan informasi. (*)

  • Bagikan