Polda Kerahkan 1.461 Personel Amankan Kedatangan Jokowi di Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 1.461 personel Polda Sulsel disiagakan dalam pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulawesi Selatan. Rencananya RI 1 tersebut akan mendatangi tiga daerah yakni Kabupaten Maros, Kota Makassar dan Luwu Timur (Lutim).

"Untuk persiapan pengamanan kita libatkan 1461 personil," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, Selasa (28/3/2023).

Pengamanan sendiri akan difokuskan kepada beberapa titik, mulai dari pengamanan jalur yang akan dilalui rombongan Presiden, sterilisasi lokasi kunjungan, juga termasuk pengamanan aksi unjuk rasa.

"Ini yang sedang kita lakukan memetakan, daerah rawan. Baik rawan kemacetan maupun rawan unjuk rasa sedang kita lakukan pemetaan untuk mengantisipasi adanya hal tersebut," sebutnya.

Adapun Polda Sulsel yang masuk dalam ring tiga pengamanan kunjungan Presiden ke Sulsel ikut menurunkan anjing pelacak atau K-9. K-9 akan disiagakan di jalur-jalur yang dilewati Presiden guna mensterilkan wilayah. "Anjing pelacak juga kita siapkan, K-9 kita siapkan untuk mensterilkan lokasi yang di tujuh (Presiden)," bebernya.

Sekadar diketahui, kunjungan pertama Presiden pada hari Rabu (29/3/2023) besok dijadwalkan di Kabupaten Maros dan Pangkep yaitu peresmian Kereta Api tujuan Maros-Parepare, dan berlanjut ke Kota Makassar untuk mengunjungi salah satu Kampung Nelayan.

Selanjutnya pada hari Kamis (30/3/2023), Jokowi juga dijadwalkan akan kembali berkunjung ke Kabupaten Maros melaksanakan Panen Raya bersama masyarakat yang dirangkaikan dengan kunjungan ke Gudang Bulog.

Setelah itu, mantan Gubernur Jakarta tersebut juga akan bertandang ke Kabupaten Luwu Timur (Lutim) untuk mengunjungi PT Vale Indonesia, salah satu tambang nikel terbesar di Sulawesi Selatan dan selanjutnya kembali ke Jakarta. (isak/B)

  • Bagikan