Kubah Roboh, Pemkot Bakal Kucurkan Anggaran Bangun Masjid Ittifaqul

  • Bagikan
Masjid Ittifaqul Jamaah, Jl Barukang.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal mengucurkan anggaran untuk pembangunan Masjid Ittifaqul Jamaah, Jl Barukang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, Pemkot Makassar akan menyiapkan anggaran pembangunan sesegera mungkin. "Pemkot bangun lewat Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)," kata Danny, sapaan Wali Kota Makassar.

Ia menjelaskan, anggaran pembangunan akan dikucurkan melalui dana hibah. Sebab, masjid tersebut bukan aset Pemkot Makassar.

Kebijakan tersebut diambil usai keluarnya hasil pengujian dan analisa kelayakan struktur bangunan masjid yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar yang melibatkan berbagai unsur.

Kepala Dinas PU Makassar, Zuhaelsi Zubir menjelaskan, berdasarkan hasil analisasi dianjurkan agar masjid tidak digunakan sementara waktu.

"Hasil rapat dianjurkan agar masjid tidak digunakan sementara waktu sambil menunggu hasil pengujian selanjutnya," kata Zuhaelsi.

Sebelumnya, kubah masjid roboh usai salat Isya. Insiden ini menyebabkan jatuhnya 12 korban dan dilarikan rumah sakit.

Diantaranya, sepuluh korban dilarikan ke RSAL Jala Ammari, dan masing-masing satu korban di RS Akademis Jaury Jusuf dan PKM Pattingalloang.

Danny juga mengunjungi para korban di tiga rumah sakit. Ia memberikan dukungan moril dan berjanji akan menanggung biaya pengobatan para korban. "Semua pembiayaan pemerintah kota yang tanggung," tegasnya. (sasa/A)

  • Bagikan