Asupan Air yang Dibutuhkan Saat Sahur untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan

  • Bagikan
Air Putih

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Selama puasa, umat Islam harus menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Tentu dalam kondisi ini tubuh bisa mengalami kekurangan cairan.

Cairan diperlukan untuk membantu fungsi tubuh dalam bekerja. Salah satu sumber cairan adalah air. fungsi air adalah untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Kebutuhan harian air adalah dua liter atau delapan gelas perhari.

Namun, saat berpuasa tentunya kita tidak akan minum sebanyak itu. Meski demikian, asupan cairan harus tetap terpenuhi. Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah konsumsi air yang cukup pada saat sahur.

Dengan konsumsi air yang cukup akan membantu tubuh tetap terjaga dan tentunya akan kamelancarkan ibadah puasa yang sedang kita jalani.

Dosen Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin, Syafrullah Amir SGz MPH, menyarankan untuk selalu memperhatikan asupan cairan saat sahur.

Dia menyarankan untuk minum air dua sampai tiga gelas saat sahur untuk memenuhi cairan dalam tubuh.

"Asupan cairan harus diperhatikan saat berpuasa sehingga saat sahur bisa minum 2-3 gelas. Hanya untuk pemenuhan cairan ini," katanya Senin (27/3/2023).

Dia juga menambahkan agar menghindari cairan yang mengandung gula terlalu banyak atau berkafein tinggi. Menurutnya, kedua jenis ini bisa membuat rasa haus datang lebih cepat.

Jika ingin mengonsumsi minuman selain air putih, dia menyarankan untuk memimun jenis minuman dengan kandungan protein.

Susu adalah pilihan yang bisa diambil. Susu memiliki kandungan protein yang kaya.

Dengan ini kebutuhan gizi makro bisa bertambah selain dari makanan dan air yang dikonsumsi. (Fajar)

  • Bagikan